Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemenparekraf Promosikan Kalimantan Lewat 'Borneo Extravaganza 2014'

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berupaya untuk mempromosikan pariwisata Kalimantan melalui gelaran Borneo Extravaganza 2014 di Mal Bali Galeria, Bali, pada 22-24 Agustus 2014.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamen Parekraf) Sapta Nirwandar di Jakarta, Kamis (21/8/2014), mengatakan acara rutin yang pada 2014 telah memasuki tahun keenam itu digelar dengan melibatkan partisipasi aktif kelima Pemerintah Daerah di Kalimantan, yaitu Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

"Penyelenggaraan Borneo Extravaganza 2014 ini bertujuan untuk memberikan wadah terpadu bagi pemerintah daerah Kalimantan untuk promosi bersama sehingga bisa meningkatkan kunjungan wisatawan ke wilayah itu," kata Sapta yang juga penggagas acara Borneo Extravaganza itu.

Kegiatan yang tahun ini mengambil tema Kalimantan-The Real Borneo di Bali menampilkan destinasi di lima provinsi sekaligus yang memperlihatkan keragaman budaya dan pariwisata Kalimantan atau yang di luar negeri lebih dikenal dengan nama Borneo. Untuk memeriahkan pameran Borneo Extravaganza, dihadirkan atraksi tarian dan budaya, fashion show, serta berbagai kerajinan dan perhiasan batu mulia dan semi mulia yang didatangkan langsung dari Kalimantan.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pemasaran Pariwisata Kemenparekraf Esthy Reko Astuty mengatakan gelaran pameran seperti Borneo Extravaganza berdasarkan pengalaman terbukti dapat mendorong peningkatan kunjungan wisata ke provinsi di Kalimantan.

"Dari tahun ke tahun sejak 2004 di mana Borneo Extravaganza diselenggarkan pertama kali sebagai inisiatif Kemenparekraf, khususnya Wamen, telah terjadi peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara," katanya.

Pada 2013 jumlah wisman ke Kalimantan mencapai 30.687 orang atau meningkat 26,15 persen dibandingkan pada 2008 yang berjumlah 24.326 orang. Selain menghadirkan peserta pameran dari Pemda Kalimantan, Biro Perjalanan Wisata (BPW) juga ikut serta dalam pameran ini dengan menawarkan berbagai paket perjalanan wisata Kalimantan.

"Borneo Extravaganza diadakan di Bali untuk menggairahkan biro-biro perjalanan wisata di Bali agar bisa menjual paket wisata ke Kalimantan," katanya.

Keikutsertaan 25 BPW dari Bali, Surabaya, dan Jakarta dalam Travel Agency Meeting merupakan unsur penting dari Borneo Extravaganza dan menunjukkan peningkatan minat BPW untuk menjual paket wisata Kalimantan kepada para wisman. Dalam acara ini, ditampilkan potensi ecotourism seperti Hutan Konservasi Orang Utan Tanjung Puting, diving di Kepulauan Derawan, dan potensi sungai seperti River Cruise di Sungai Rungan dan Kahayan.

Selain itu, ada penampilan berbagai atraksi budaya Dayak, Tionghoa, dan Tarian Melayu serta berbagai kerajinan khas Kalimantan yang didatangkan langsung dari Kalimantan. Pameran Permata Martapura dari Kalimantan Selatan dan Budaya seperti Dayak, Melayu, Tionghoa, seperti di Singkawang Kalimantan Barat juga akan mengisi acara Borneo Extravaganza 2014.

Borneo Extravaganza adalah event dua tahun sekali yang mulai diselenggarakan sejak 2004 oleh Kemenparekraf bersama Pemda Provinsi se-Kalimantan dan digelar di kota-kota besar di Indonesia yang potensial menjadi kantong wisatawan. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: