Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BI: 'Sulut Banking Expo 2014' Targetkan Omzet Rp 50 Miliar

Warta Ekonomi -

WE Online, Manado, 22/8 (Antara) - Kepala Kantor Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Luctor Tapiheru mengatakan Sulut Banking Expo 2014 menargetkan pencapaian omzet sebesar Rp 50 miliar.

"Kami optimis pencapaian omzet Banking Expo di tahun 2014 ini akan tercapai. Bahkan, berharap lebih dari itu," kata Luctor di Manado, Jumat (22/8/2014).

Sementara itu, pelaksanaan Sulut Banking Expo tahun lalu yang mampu merealisasikan omzet Rp 50 miliar. Dari total transaksi perbankan pada kegiatan serupa tahun lalu, panitia pelaksana mencatat total transaksi tabungan/deposito mencapai Rp 21 miliar, kredit Rp 28 miliar, serta transaksi UMKM sebesar Rp 101 juta.

Meskipun demikian, kata Luctor, pihaknya menilai kesuksesan acara tersebut tidak terlalu bergantung pada pencapaian omzet, tetapi lebih khusus pada upaya mempererat hubungan antara pelaku usaha mikro, kecil, dab menengah (UMKM) dengan dunia perbankan. Kegiatan Sulut Banking Expo 2014 yang telah menjadi agenda tahunan itu akan diselenggarakan di Manado Town Square (Mantos) pada 3-6 September 2014 mendatang.

Sulut Banking Expo kali ini mengambil tema Perbankan Mendorong Sulut Emas Melalui Peningkatan Daya Saing UMKM Menuju Komunitas Ekonomi AseanKetua I Panitia Sulut Banking Expo 2014 Hotman Nainggolan mengatakan sejalan dengan HUT provinsi Sulut ke-50 atau disebut Sulut Emas menjadi fondasi ekonomi yang lebih tangguh baik tingkat kesejahteraan maupun daya saing.

Selain itu, katanya, Sulut Banking Expo ini untuk menciptakan hubungan secara langsung antara masyarakat, pelaku UMKM, dengan perbankan baik konsultasi pengembangan usaha maupun aplikasi permohonan kredit. Juga, akan ada pelayanan berupa pembukaan rekening tabungan dan deposito sehingga dengan demikian fungsi intermediasi perbankan dapat berjalan dengan baik.

Dalam Sulut Banking Expo 2014 akan dilakukan berbagai lomba diantaranya lomba menggambar, tarian maengket, ranking 1, Zumba dance, bankers X-factor, lomba business plan, lomba putting golf, lomba modern dance, lomba band, keterampilan kasir perbankan, fotografi, fashion show, dan stand terbaik. Sekitar 45 bank akan ambil bagian dalam kegiatan tersebut, UMKM binaan perbankan dan dinas terkait, serta pemerintah provinsi. 

Ketua II Panitia Sulut Banking Expo 2014 Eko Siswantoro mengatakan kegiatan ini sejalan dengan ulang tahun Pemprov Sulut ke-50 atau disebut Sulut Emas menjadi pondasi ekonomi yang lebih tangguh, baik di tingkat kesejahteraan maupun daya saing. 

"Tujuan pelaksanaan kegiatan ini juga tersampaikan secara detail informasi tentang produk perbankan kepada masyarakat umum dan UMKM yang enggan langsung datang ke bank," tuturnya.

Tak hanya itu, peserta pameran dapat menampilkan produk-produk unggulan dari UMKM binaan Bank Indonesia dan perbankan yang telah berhasil mengembangkan usahanya serta yang belum mendapatkan pembiayaan dari perbankan. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: