Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Presiden Terpilih Diminta Jangan Abaikan Janji Politik

Warta Ekonomi -

WE Online, Kupang - Pengamat politik dari Universitas Katolik Widya Mandira Kupang Frans Bapa Tokan meminta presiden terpilih Joko Widodo dan wakilnya Jusuf Kalla jangan mengabaikan janji politik saat berkampanye.

"Janji untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat harus bisa dibuktikan oleh Jokowi-JK selama lima tahun masa pemerintahannya. Jika tidak bisa diwujudnyatakan maka langkah untuk menjadi calon presiden periode berikutnya, bisa terganjal," katanya di Kupang, Sabtu (23/8/2014).

Menurut dia, rakyat Indonesia sekarang sudah sangat dewasa dalam berdemokrasi sehingga sudah bisa menilai pemimpinnya, dengan mengacu pada apa yang dijanjikan selama masa kampanye.

"Jokowi sudah dikenal sebagai pemimpin yang berkarakter dan tegas, karena itu, semuan janjinya harus benar-benar ditunjukan dalam karya nyata di tengan masyarakat," katanya menambahkan.

Ia menambahkan gerakan perubahaan yang dicetuskan Jokowi, melalui revolusi mental, harus diimplementasikan secara nyata dalam masyarakat sebagai titik awal dari perubahan dimaksud.

Frans yang juda Wakil Dekan FISIP Unika Widya Mandira Kupang itu menambahkan janji politik yang telah dituangkan dalam visi dan misi Jokowi-JK, bisa dilakukan secara bertahap sesuai kebutuhan anggaran.

"Untuk tahun anggaran berjalan sekarang, Jokowi-JK hanya bisa mengikuti alur anggaran yang telah ditetapkan oleh pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyon," katanya.

Terkait penempatan menteri dalam kabinet Jokowi-JK, ia berpendapat sebaiknya dari kalangan profesional sehingga bisa menjabarkannya kebijakan yang telah dicetuskan dengan fokus pada masalah peningkatan kesejahteraan rakyat.

"Banyak hal teknis di pemerintahan, terutama di kementerian dan lembaga negara, mebutuhkan campur tangan seorang ahli yang menguasai bidang tersebut," katanya. Dengan tidak melihat kepentingan lainnya, selain kepentingan masyarakat, Jokowi-JK, diyakini akan bisa melaksanakan hal itu.

Menurut dia, Jokowi hadir sebagai seorang figur baru yang dari aspek komunikasi dan jasa politik dengan partai-partai yang ada, tidak memiliki ketergantungan bahkan tidak tersandra dengan kepentingan politik partai lain.

"Jadi yang terpenting saat ini adalah, Jokowi-JK harus bisa menempatkan menterinya yang bisa mengimplementasikan visi-misi dan program kerjanya. Itulah yang sedang ditunggu seluruh masyarakat Indonesia, untuk kepentingan kesejahteraannya," kata Frans. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Advertisement

Bagikan Artikel: