Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Usai Pileg dan Pilpres 2014, KPU akan Gelar Evaluasi

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal mengevaluasi kinerjanya dalam melaksanakan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2014.

Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengatakan banyak catatan yang menjadi masukan bagi KPU dari penyelenggaraan Pileg maupun Pilpres 2014 lalu.

"Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2014 telah kita lalui dengan baik, meski dengan catatan-catatan dan evaluasi yang harus kita lakukan," ungkap Ferry di Jakarta, Jumat (22/8/2014).

Saat ditanyakan persoalan apa yang menjadi catatan serius oleh KPU, Ferry mengatakan adanya perdebatan tentang DPKTB, DPTB, dan DPK yang muncul pada sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Prinsip utamanya adalah KPU menjamin hak konstitusional warga. Bahwa fakta di lapangan kita belum bisa menarik seutuhnya warga atau masyarakat, itu banyak faktor. Ini yang ke depan menjadi catatan sebagai evaluasi yang perlu kita upayakan lebih baik lagi," jelas Ferry.

Selain persoalan daftar pemilih tetap, aspek lainnya terkait teknis administrasi, yang di dalamnya mencakup logistik dan manajemen, akan menjadi bagian dari evaluasi mengenai teknis penyelesaian pemilu yang di dalamnya termasuk soal sengketa dan hal-hal lain yang terkait dengan penyelesaiannya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: