Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BI-OJK Gelar Pelatihan Wartawan tentang Sinergi Kebijakan Kedua Lembaga

Warta Ekonomi -

WE Online, Bandung - Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar pelatihan bagi wartawan mengenai pentingnya sinergi kebijakan dua lembaga tersebut.

Dalam acara yang dihadiri oleh 59 wartawan dari berbagai media ini, Deputi Komisioner Manajemen Strategis IB Lucky FA Hadibrata mengungkapkan perlu pemahaman dalam mengetahui persoalan makro dan mikro prudensial yang perannya sekarang sudah dipisahkan antara BI dan OJK.

"Sebenarnya di dunia pun masih jadi polemik antara pembagian makro dan mikro prudensial. Masing-masing negara berbeda," ujar Lucky dalam sambutannya di The Trans Hotel, Bandung, Sabtu (23/8/2014).

Pelatihan yang  bertajuk Sinergi Kebijakan BI dan OJK ini, katanya, penting untuk membuka wawasan mengenai fungsi masing-masing lembaga serta mencari celah yang memungkinan untuk melakukan sinergisitas kebijakan.

Apalagi, industri keuangan kian tumbuh cepat dan dinamis yang menuntut pengawasan ekstra. Peran itulah yang dijalankan OJK dengan fokus pada market conduct dan melindungi konsumen atau pada mikro prudensial. Sementara itu, BI berperan di makro prudensial dengan fokus menjaga kesehatan dan stabilitas sektor keuangan.

Dalam acara tersebut, OJK fokus membahas tentang sinergi perlindungan konsumen dan sinergi dalam penerapan layanan keuangan digital atau yang biasa disebut branchless banking.

Hadir sebagai pembicara adalah Deputi Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Sri Rahayu Widodo; Staf Direktorat Kebijakan Sistem Pembayaran BI Mutiara Sibarani; Ketua Komisi IV bidang Kerja Sama dan Kelembagaan Badan Perlindungan Konsumen Nasional RI (BPKN) Firman Turmantara Endipradja.

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: