Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Citilink Ubah Jam Berangkat Pekanbaru-Jakarta

Warta Ekonomi -

WE Online, Pekanbaru - Maskapai penerbangan berbiaya murah yang juga anak perusahaan Garuda Indonesia, yaitu Citilink, mengubah jam keberangkatan rute Pekanbaru-Jakarta dari pagi hari menjadi siang hari karena penerbangan pagi dioperasikan pada rute Pekanbaru-Yogyakarta terhitung 25 Agustus 2014.

"Saat ini kita mempunyai penerbangan jam 8.00 WIB rute Pekanbaru-Jakarta dan akhirnya begeser. Jadi, kita terbangi dulu rute Pekanbaru-Yogyakarta dan setelah kembali dari Yogyakarta baru diterbangi ke Jakarta," ujar Sales Manager Citilink Pekanbaru Ridwan di Pekanbaru, Senin (25/8/2014).

Seperti diketahui, sebelumnya operasional Citilink memiliki empat kali penerbangan di Pekanbaru dengan rute Pekanbaru-Jakarta pulang pergi dua kali per hari setiap jam 8.00 WIB dan jam 19.15 WIB serta Pekanbaru-Batam pulang pergi dua kali setiap hari jam 12.00 WIB dan jam 15.20 WIB. Menurut Ridwan, karena adanya penambahan rute Pekanbaru-Yogyakarta satu kali setiap hari maka pihaknya melakukan perubahan jadwal penerbangan, yakni jam keberangkatan pesawat dari Pekanbaru ke Jakarta dengan catatan pesawat tiba dari Jakarta tetap.

Rute Pekanbaru-Yogyakarta akan diterbangi setiap hari tepat pada pukul 7.50 WIB dan setiba di Bandara Internasional Adisujitpo Yogyakarta diperkirakan tepat pukul 10.00 WIB. Kemudian take off dari kota pelajar jam 10.30 WIB dan tiba di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II jam 12.30 WIB.

"Jadi, yang tadinya Pekanbaru-Jakarta jam 8.00 WIB, kita ubah jadi pukul 13.05 WIB. Sedangkan, rute satunya lagi tetap sehingga dengan adanya penerbangan Pekanbaru-Yogyakarta maka Citilink memiliki total lima penerbangan langsung setiap hari," katanya.

Station Manager Citilink Pekanbaru Rahman pada hari yang sama memastikan penerbangan perdana rute Pekanbaru-Yogyakarta pergi pulang satu kali per hari mengunakan armada pesawat jenis Airbus 320 berjalan lancar.

"Alhamdulillah, terbang perdana kita hari ini pada rute Pekanbaru-Yogyakarta pergi pulang berjalan dengan lancar dan tidak ditemukan kendala yang berarti," ujar Rahman.

Menurutnya, pesawat dengan jenis Airbus 320 lepas lendas dari Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru tepat pada pukul 7.50 WIB dengan membawa penumpang sebanyak 178 orang termasuk bayi berjumlah dua orang. Pesawat yang sama juga diterbangkan dari Bandara Internasional Adisujitpo Yogyakarta tepat pukul 10.30 WIB dan mendarat di landasan pacu Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru jam 12.40 WIB atau lewat 10 menit dari waktu yang dijadwalkan.

"Ada traffic sewaktu pesawat mau melakukan landing, jadi pilot terpaksa menunggu sebentar untuk mendarat di Pekanbaru. Penumpang yang dibawa berjumlah 181 orang termasuk bayi tiga orang yang berarti hanya tiga kursi kosong sesuai kapasitas 180 tempat duduk," katanya.

Berdasarkan data terakhir Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru sedikitnya melayani sembilan rute domestik, yakni Pekanbaru-Jakarta, Pekanbaru-Bandung, Pekanbaru-Yoyakarta, Pekanbaru-Batam, Pekanbaru-Medan, Pekanbaru-Rengat, Pekanbaru-Dumai, Pekanbaru-Dabo Sinkep, dan Pekanbaru-Pasir Pangaraian.

Untuk rute internasional, yakni Pekanbaru-Kuala Lumpur, Pekanbaru-Singapura, dan Pekanbaru-Subang, Malaysia. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: