Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sharif C Sutardjo: Budi Daya Perikanan Berikan Kontribusi pada Pendapatan Masyarakat

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C Sutardjo mengatakan bahwa perikanan budi daya telah memberikan kontribusi besar terhadap peningkatan pendapatan masyarakat.

"Perikanan budi daya itu berkontribusi besar pada pendapatan masyarakat. Hal ini tercermin dari peningkatan nilai tukar pembudidayaan ikan (NTPi) yang cenderung terus baik," ujar Sharif dalam pembukaan Indonesian Aquaculture 2014 di Jakarta, Selasa (26/8/2014).

Adapun nikai tukar pembudidayaan ikan tersebut memiliki nilai yang lebih besar daripada 100.

Sharif menyebutkan bahwa nilai tersebut menjadi indikator yang menunjukkan bahwa kesejahteraan pembudidaya ikan meningkat. Kementerian Kelautan dan Perikanan mencatat bahwa pada 2013 nilai NTPi yang dicapai adalah 104,7 atau 100,67 persen lebih tinggi dibandingkan dengan target yang ditetapkan.

Lebih lanjut, Sharif menyebutkan kegiatan perikanan budi daya kini telah menjadi bagian yang tIdak terpisahkan dalam kehidupan masyarakat.

"Karena sebagian besar usaha pembudi daya ikan dapat dilakukan dengan modal yang relatif kecil, teknologi yang sederhana, pada lahan marginal seperti di pekarangan rumah sehingga sangat cocok untuk dijadikan pengembangan ekonomi kerakyatan," kata Sharif.

Sharif juga menjelaskan hal tersebut mampu menjadikan perikanan budi daya sebagai alternatif utama usaha masyarakat. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: