Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hadapi MEA 2015, KKP Fokus Dorong Kualitas dan Daya Saing Produk Perikanan RI

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus menyiapkan diri menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015.

Dirjen Perikanan Budidaya KKP Slamet Subiyakto mengatakan bahwa saat ini pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan produk-produk perikanan Indonesia sehingga produk tersebut memiliki daya saing tinggi serta kualitas yang bagus untuk bersaing di dalam pasar global ASEAN.

"Kita tidak boleh menjadi penonton, tetapi kita harus jadi pemain di dalam MEA 2015," kata Slamet dalam diskusi bertajuk Pasar Bebas ASEAN 2015 yang diselenggarakan di Jakarta, Selasa (26/8/2014).

Salah satu realisasi pemerintah untuk meningkatkan daya saing produk perikanan Indonesia adalah pemerintah sudah menerapkan pembuatan Standar Nasional Indonesia (SNI) bagi produk-produk perikanan Indonesia.

"Kita juga sudah mulai melakukan sertifikasi mulai dari hulu hingga hilirnya. Sekarang sudah ada 7.500 sertifikat cara budi daya ikan yang baik. Ini sudah diterima lembaga internasional," jelasnya.

Di samping itu yang tidak kalah penting, katanya, pemerintah sudah melakukan peningkatan infrastruktur walau saat kini masih dirasakan lemah.

"Indonesia memiliki potensi perikanan yang cukup potensial. Ke depan pemerintah akan terus mengoptimalkan sumber daya kelautan dengan seoptimal mungkin. Bahkan, kita akan coba kejar Tiongkok," tambahnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: