Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Presiden SBY Jadi Pembicara Kunci Forum UNAOC

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dijadwalkan akan menjadi pembicara kunci pada The Sixth Global Forum of the United Nations Alliance of Civilizations (UNAOC) 2014. Forum global ke-6 ini akan berlangsung di Nusa Dua, Bali, pada 27-29 Agustus 2014 dan dihadiri dua utusan khusus (special envoys), 20 pejabat setingkat menteri, dan pejabat tinggi serta perwakilan dari organisasi-organisasi juga media.

Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah Indonesia mengatakan Indonesia merupakan negara pertama di kawasan Asia Pasifik yang menjadi tuan rumah UNAOC.

"Terpilihnya Indonesia dapat dimaknai sebagai apresiasi masyarakat internasional terhadap keberhasilan Indonesia menjadi model hubungan yang harmonis antara beragam etnis, ras, dan budaya," ujar Teuku Faizasyah dalam rilisnya di Jakarta, Selasa (26/8/2014).

Teuku menyampaikan Indonesia sudah aktif mengikuti forum ini sejak penyelenggaraan pertama. Ia menambahkan bahwa pada UNAOC ke-6 kali ini tema yang dipilih adalah Unity in Diversity: Celebrating Diversity for Common and Shared Values.

"Indonesia telah aktif menghadiri Global Forum sejak diselenggarakan pertama kali pada tahun 2007 di Wina, Austria," sampainya.

Lebih lanjut, Teuku menjelaskan latar belakang UNAOC di mana lembaga tersebut ditujukan untuk mendorong terciptanya harmoni antarperadaban atau harmony among civilizations. Forum ini menjembatani jurang antara peradaban, termasuk antara Islam dan Barat serta untuk membangun kemauan politik dan memobilisasi kemauan bersama untuk menghadapi prasangka, salah persepsi, dan ekstremisme dalam masyarakat.

"Di tengah dunia internasional yang masih terus dinodai oleh konflik yang mengatasnamakan keunggulan peradaban tertentu, forum UNAOC mengingatkan kita kembali arti penting dari kesinambungan upaya membangun saling pengertian antarperadaban," tambahnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: