Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menteri Kelautan: Perikanan Budidaya Alternatif Usaha Masyarakat

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C Sutardjo mengatakan perikanan budidaya merupakan alternatif usaha bagi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

"Perikanan budidaya telah memberikan kontribusi besar terhadap peningkatan pendapatan masyarakat, sehingga sektor ini muncul sebagai alternatif utama usaha masyarakat," ujar Sharif saat membuka Indonesian Aquaculture 2014 bertajuk Aquaculture for Business and Food Security di Jakarta, Selasa (26/8/2014).

Sharif berpendapat potensi perikanan budidaya sebagai alternatif usaha masyarakat terlihat dari peningkatan jumlah Rumah Tangga Pembudidayaan Ikan (RTP) dari tahun ke tahun yang diikuti dengan kenaikan rata-rata sebesar 5,32 persen.

Ia juga menjelaskan bahwa merujuk pada data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah RTP perikanan budidaya cenderung meningkat dan kondisi ini berbanding terbalik dengan jumlah RTP pertanian yang cenderung menurun.

"Pada tahun 2013, jumlah RTP pembudidaya ikan mencapai 1.771.500 RTP," ungkap Sharif.

Lebih lanjut Sharif berpendapat bahwa kegiatan perikanan budidaya telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan masyarakat.

"Karena sebagian besar usaha pembudidayaan ikan dapat dilakukan dengan modal yang relatif kecil, teknologi sederhana, pada lahan marjinal seperti pekarangan rumah," jelas Sharif.

Ini menyebabkan perikanan budidaya sangat sesuai untuk pengembangan ekonomi kerakyatan.

Selain itu, perikanan budidaya darat, kata Sharif, menjadi lebih menarik karena perikanan tangkap di dunia sudah mulai mengalami pengurangan populasi akibat perubahan iklim.

"Kondisi ini menyebabkan perikanan budidaya darat semakin diperhitungkan," kata Sharif. (Ant)

 

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: