Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BNI: Perlu Pemerataan Sebaran Perbankan untuk Hadapi MEA

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Gatot M Suwondo menilai persiapan perbankan menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 mendatang tidak harus melalui konsolidasi, namun melalui pemerataan sebaran perbankan di seluruh wilayah Indonesia.

"Konsolidasi apa? Ini masalah distribusi. 119 bank cukup-cukup saja, cuma harus disebar," ujar Gatot di Jakarta, Selasa (26/8/2014).

Gatot menilai perbankan dalam negeri tidak perlu khawatir dengan keberadaan perbankan asing di Indonesia saat MEA 2015 nanti. Ia pun menantang Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku regulator untuk memberikan izin kepada bank-bank asing untuk membuka cabang di Indonesia, namun tidak di Pulau Jawa yang sudah padat dengan layanan jasa keuangan.

Menurut data Bank Indonesia, 52 persen industri perbankan masih terfokus di wilayah Pulau Jawa, sedangkan sisanya di luar Pulau Jawa. 

"Sama asing jangan takut. Beri saja license, tapi di luar Jawa seperti di Papua sana misalnya," kata Gatot.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk Jahja Setiaatmadja juga mengungkapkan hal yang senada. Menurut Jahja, kemampuan bank lokal cukup luar biasa sehingga perlu dimanfaatkan dan didukung oleh pemerintah.

"Kita harus perkokoh dengan melihat daerah-daerah di luar Jawa. Kita harus jadi pendukung," ujar Jahja.

Jahja mengharapkan pemerintahan baru nantinya dapat melakukan penetrasi sarana dan prasarana serta fasilitas di wilayah-wilayah di luar Pulau Jawa sehingga banyak investor dan perusahaan tertarik untuk masuk ke wilayah tersebut. Dengan begitu, sektor perbankan pun juga akan masuk dan bisa tersebar di luar wilayah Jawa.

"Harus ada inisiatif dari pemerintah. Tidak bisa kalau bank dulu. Bank itu follow the trade," kata Jahja. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: