Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

OJK: Tenang Saja, Bank Kita Cukup Kuat Hadapi MEA

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai perbankan nasional sudah mampu menghadapi bank-bank asing di negeri sendiri. Oleh sebab itu, regulator yakin perbankan nasional akan mampu bersaing dan menghadapi serbuan bank asing yang melenggang dengan bebas pada MEA di 2020.

"Jangan khawatir, bank kita dalam keadaan kuat dan sanggup dalam menghadapi MEA," ungkap Deputi Komisioner Bidang Pengawasan Perbankan OJK Irwan Lubis saat seminar konsolidasi perbankan di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (26/8/2014).

Menurut Irwan, hal ini terbukti dari bank asing atau konsolidasi bank asing dengan bank lokal yang masih belum bisa mendominasi jasa keuangan di Indonesia. Contohnya Citibank yang berdiri sejak tahun 1960-an dan masuk ke Indonesia masih kalah bersaing dengan bank nasional.

"Jadi, terbukti dengan standar pelayanan, dengan services yang tidak menguasai budaya, dan demografi, akan sulit menguasai pasar kami," tambah Irwan.

Di sisi lain hal positif lainnya adalah indikator rasio permodalan 119 bank nasional yang ada saat ini menunjukkan kondisi yang cukup kuat.

"Modal kita cukup kuat, tapi perbankan tetap harus bisa memikirkan strategi pertumbuhan kredit ke depan," ujarnya.

Senada dengan Irwan, Presiden Direktur Bank Central Asia (BCA) Jahja Setiaatmadja menyatakan bank asing yang masuk ke Indonesia dan menggandeng bank lokal belum bisa menguasai pasar domestik.

"Ketentuan perbankan di negara ini paling longgar, tapi mereka tetap saja tidak berhasil. Jadi, jangan terlalu takut infiltrasi bank asing ke Indonesia karena kemampuan bank kita luar biasa," katanya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: