Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menparekraf Tawarkan 'One Stop Service' Perizinan Pembuatan Film di Indonesia

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu menawarkan one stop service perizinan pembuatan film di Indonesia kepada para pembuat film dari dalam maupun luar negeri.

"Kami mengundang para filmmakers untuk membuat film di Indonesia. Kami punya semuanya dari mulai lokasi berlatar zaman Jurassic hingga metropolitan seperti Jakarta," kata Menparekraf Mari Elka Pangestu di Jakarta, Rabu (27/8/2014).

Ia mengatakan pihaknya menggandeng kementerian dan lembaga terkait untuk menyediakan one stop service perizinan pembuatan film sebagai salah satu insentif bagi pembuat film yang ingin membuat film di Indonesia. Menteri menyarankan agar siapapun, khususnya mereka yang berada di luar negeri, untuk datang ke kedutaan besar Indonesia di negara itu untuk mendapatkan perizinan secara terpadu.

"Kita punya tim yang berkoordinasi di bawah kami dan kementerian lain terkait untuk mendukung layanan terpadu ini," katanya.

Ia mencontohkan bahwa untuk mengurus segara hal terkait pembuatan film maka pembuat film hanya perlu datang ke satu tempat untuk mengurus perizinan tersebut.

"Termasuk untuk mengurus visa kru, imigrasi, alat-alat, hingga keamanan dari kepolisian kami fasilitasi," katanya.

Pihaknya menyadari kerap kali ada adegan dalam film yang perlu pengawalan dari pihak berwenang maka Pemerintah Indonesia siap memfasilitasi. Ia menargetkan bahwa dalam setiap tahunnya akan ada 2-3 judul film besar dari produser film dunia dibuat di Indonesia.

"Tahun lalu ada tiga film besar dibuat di sini, belum termasuk yang kecil-kecil. Tapi, tahun ini belum," katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: