Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Semen Indonesia Gandeng Empat Bank Besar untuk Kelola Kas

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Direktur Utama PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) Dwi Soetjipto pada hari ini melakukan tanda tangan terkait kerja sama system cash pooling bersama dengan Bank Mandiri, BRI, BNI, dan CIMB Niaga.

Dwi mengatakan perusahaan akan mulai melakukan implementasi salah satu program cash management untuk mengoptimalkan pengelolaan excess cash grup melalui system cash pooling pada bulan September 2014.

"Saat ini pengelolaan likuiditas yang meliputi pengelolaan modal kerja maupun excess cash masih dikelola oleh masing-masing Opco. Diharapkan sistem cash pooling ini dapat meminimalkan biaya keuangan dan memaksimalkan return atas excess cash secara grup," ujarnya di Jakarta, Kamis (28/8/2014).

Lebih lanjut, Dwi mengungkapkan bahwa setidaknya ada tiga hal yang menjadi kewenangan perusahaan sebagai holding company dari Semen Padang, Semen Gresik, Semen Tonasa, dan Thang Long Cement dengan diimplementasikannya sistem ini, antara lain fungsi merencanakan, mengatur, menetapkan, dan melakukan investasi strategis atas excess cash grup.

"Selain itu, memanfaatkan dan menempatkan excess cash grup pada national pooling, shareholder loan, intercompany loan, serta lainnya. Yang terakhir holding company menetapkan counterparty dalam bekerja sama untuk implementasi cash pooling," imbuh Dwi Soetjipto.

Dengan diberlakukannya sistem cash pooling ini, operating company akan lebih fokus pada pengelolaan dana operasional untuk modal kerja, termasuk mengelola likuiditas operasional dan investasi nonstrategis (jangka pendek). Ia juga menjamin pemberlakuan sistem ini tidak akan berpengaruh terhadap kepemilikan dana dan aset milik Opco karena secara legal dana dan aset tersebut masih dimiliki oleh Opco.

"Berdasarkan blue print, telah diatur pemisahaan dan pelaksanaan kegiatan fungsi strategis dan fungsi operasional antara holding company dan operating company di dalam Semen Indonesia Grup. Fungsi Holdco adalah menyusun strategis dan perencanaan keuangan seluruh grup dalam rangka meningkatkan nilai grup dan salah satu fungsinya adalah terkait manajemen keuangan grup," tegasnya.

Cash pooling adalah pengelolaan dana seluruh anak perusahaan peserta yang mempertimbangkan kebutuhan operasional peserta pooling, capex (capital expenditure) secara grup, dan pendanaannya di mana peserta pooling bertanggung jawab terhadap pengelolaan dana operasional yang digunakan untuk kebutuhan modal kerja dan bilamana terjadi excess cash pada dana operasional peserta pooling maka kelebihan dana tersebut akan ditransfer dan di-pool pada rekening cash pooling yang dikelola oleh holding company.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: