Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

'Cash Pooling' akan Tingkatkan Pendapatan Semen Indonesia

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) baru saja menjalin kerja sama system cash pooling dengan empat bank, yakni Bank Mandiri, BRI, BNI, dan CIMB Niaga.

Direktur Utama SMGR Dwi Soetjipto mengatakan sistem ini bukan hanya akan menghasilkan efisiensi, namun juga berpotensi untuk membuat pendapatan perseroan menjadi lebih besar.

"Karena kelebihan dana kas atau excess cash milik entitas anak perusahaan ini nantinya akan dipegang oleh SMGR untuk dimasukkan ke sejumlah produk instrumen keuangan di pasar," katanya di Jakarta, Kamis (28/8/2014).

Saat ini perseroan memiliki cash pooling sebesar Rp 4 triliun. Dana itu merupakan kas dan setara kas dari SMGR sebagai holding company dan Semen Padang serta Semen Tonasa. Porsinya sebesar 60% berasal dari kas SMGR dan Semen Padang beserta Semen Tonasa masing-masing sekitar 20%.

"Sebelum ada system cash pooling, rata-rata return yang diperoleh sekitar 8%. Setelah adanya sistem ini diperkirakan return-nya bakal meningkat atau bisa di atas 10%," jelas Dwi Soetjipto.

Dwi menjelaskan cash pooling merupakan sistem pengelolaan seluruh keuangan anak usaha perseroan yang mempertimbangkan kebutuhan operasional peserta pooling, capex secara grup, dan pendanaannya di mana peserta pooling bertanggung jawab terhadap pengelolaan dana operasional yang digunakan untuk kebutuhan modal kerja.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: