Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

REI Harapkan Pemerintahan Baru Pro-Rakyat dalam Bidang Perumahan

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Real Estate Indonesia Eddy Hussy mengharapkan pemerintah baru memberikan subsidi uang muka kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang ingin memiliki rumah.

"Subsidi ini akan sangat membantu karena umumnya MBR tidak memiliki tabungan, namun mampu untuk mencicil," kata Eddy Hussy setelah menghadiri acara Talk Show-REI Bagian dari Solusi Menghapus Ekonomi Biaya Tinggi dan Menjamin Kepastian Hukum di Jakarta, Kamis (28/8/2014).

Selama ini, lanjut Eddy, belum pernah ada kebijakan pemerintah untuk memberikan subsidi seperti ini.

"Pemerintah seharusnya lebih memperhatikan hal ini. Program rumah murah untuk MBR sangat penting karena rumah adalah kebutuhan pokok masyarakat," ujar dia.

Dia menambahkan dukungan pemerintah dapat diberikan melalui beberapa hal lain, seperti melalui regulasi-regulasi program kepemilikan rumah murah.

"Misalnya, besaran nilai jual objek pajak (NJOP) semestinya lebih rendah, disesuaikan dengan kondisi khusus rumah murah sehingga tidak memberatkan pengembang dan masyarakat," tutur dia.

Selain itu, pemerintah juga harus memperhatikan infrastruktur-infrastruktur dari dan menuju daerah tersebut.

"Ini membantu masyarakat menekan biaya transportasi," kata dia.

Kemudahan perizinan dan pengurusan sertifikat pembangunan rumah murah dinilainya juga harus menjadi komitmen bersama antara pengembang dan pemerintah agar peran swasta menjadi lebih baik. Sementara untuk masyarakat yang belum mampu memiliki rumah, dia melanjutkan bahwa pemerintah harus membangun rusunawa (rumah susun sederhana sewa) yang lokasinya dekat dengan tempat di mana mereka bekerja.

"Ini akan sangat menolong masyarakat," ujarnya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: