Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Telkom dan Telstra Australia Lakukan Kerja Sama Bisnis 'Cloud Computing'

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) siap merealisasikan pembentukan perusahaan patungan (joint venture/JV) dengan operator asal Australia, Telstra Corporation Limited (Telstra), demi bisnis cloud computing di Asia Tenggara dan Indonesia.

"Saya segera ke Australia untuk menemui petinggi Telstra Australia. Ini untuk menggarap bisnis cloud computing nanti," kata Direktur Utama Telkom Arief Yahya di Jakarta, Jumat (29/8/2014).

Arieh Yahya menjelaskan langkah Telkom menggandeng Telstra untuk menggarap bisnis cloud computing karena perusahaan tersebut memiliki keahlian di bisnis cloud computing.

"Kami kan ingin menjadi bagian dari global karena itu kita harus bekerja sama dengan pemain besar," kata Arif.

Dalam catatan, memorandum of understanding (MoU) antara Telkom dengan Telstra untuk mendirikan perusahaan patungan dilakukan pada akhir Januari 2014. Ketika itu Telkom menyatakan JV itu akan berbasis di Indonesia. Perusahaan patungan tersebut nantinya akan menggarap pasar perusahaan asal Australia yang beroperasi di Indonesia atau global serta pasar korporasi lainnya untuk solusi network applications dan services (NAS).

Telkom sendiri telah masuk ke pasar teknologi informasi (TI) Australia melalui anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin) dan Telkom Australia. Perusahaan ini fokus bermain di business process outsourcing (BPO) untuk pasar Australia.

Telin akan memperkuat bisnis BPO di Australia dengan mengakuisisi 75 persen saham salah satu perusahaan yang bergerak di usaha tersebut tak lama lagi. Jika terealisasi nilai transaksinya mencapai sekitar 8 juta dolar AS. (Ant)

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: