Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kadin: Tingkatkan Kualitas SDM untuk Hadapi MEA

Warta Ekonomi -

WE Online, Gianyar - Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bali Gede Sumarjaya Linggih mengatakan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 menghadapi ancaman, tantangan, dan peluang pasar.

"Kondisi itu hendaknya dapat diantisipasi pelaku usaha, tenaga kerja, dan masyarakat dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM)," kata Ketua Kadin Sumarjaya Linggih pada acara pembukaan Musyawarah Kabupaten (Mukab) IV Kadin Kabupaten Gianyar, Jumat (29/8/2014).

Sumarjaya Linggih mengatakan sebaliknya kebijakan pemerintah atau aturan-aturan lokal hendaknya berpihak pada pelaku usaha di Bali. Selain itu, para pekerja mengimbangi dengan penguasaan bahasa asing dalam menghadapi pasar global MEA. Ia menambahkan minimnya SDM yang menguasai bahasa asing menyebabkan kurangnya jaringan di dunia internasional.

Sejak MEA telah ditandatangani tahun 2009 pemerintah mesti mengeluarkan kebijakan yang memudahkan pengusaha lokal menjadi pengusaha andal dan membantu peningkatan SDM serta fasilitas pemasaran, baik dalam dan luar negeri. Hal lain yang tidak kalah penting adalah memberikan kemudahan kepada akses-akses permodalan sehingga ketika pengusaha lokal Bali diterjunkan dalam "perang ekonomi" maka mampu memenangkan persaingan MEA.

Ia mengharapkan kepada pemerintah untuk intens berkomunikasi dengan para pelaku usaha di Bali serta organisasi-organisasi pelaku ekonomi, utamanya Kadin.

Kadin yang diatur dengan UU Nomor 1 Tahun 1987 seharusnya menjadi mitra atau semacam pemberi masukan dalam menghadapi MEA.

Sementara Asisten Administrasi Umum Setda Gianyar I Wayan Sudamia mewakili Bupati Gianyar membuka kegiatan tersebut mengharapkan pengusaha dan masyarakat harus siap menghadapi MEA. Untuk itu, diperlukan usaha kerja keras dan strategi yang bisa dikembangkan dan disiapkan dalam menyongsong MEA.

"Melalui Mukab ini diharapkan bisa mengkaji dan mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi dalam menghadapi MEA dan bersama-sama tukar gagasan untuk solusinya," kata Wayan Sudamia. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: