Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

OJK: Kinerja Perbankan Hingga Agustus Relatif Stabil

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Kinerja perbankan hingga posisi Agustus 2014 terlihat relatif stabil walaupun kondisi likuiditas relatif ketat, kata Kepala Departeman Penelitian Otoritas Jasa Keuangan Ganjar Mustika.

"Walaupun likuiditas relatif ketat, ketahanan likuiditas perbankan dilihat dari perkembangan transaksi pasar uang antarbank masih terjaga, baik yang tercermin dari suku bunga yang relatif merata dan stabil, berdasarkan BUKU, maupun Kepemilikan," kata Ganjar Mustika di Jakarta, Jumat.

Ganjar mengatakan, dari sisi pencapaian rencana bisnis, hingga Juni 2014 ekspansi usaha bank (total aset) tumbuh sebesar 4,35 persen (year to date), sementara jumlah pertumbuhan kredit (ytd) mencapai 5,11 persen atau 17,33 persen (year on year).

Sementara itu, lanjut Ganjar, tingkat permodalan Indonesia juga menunjukkan perkembangan yang cukup baik untuk mendukung rencana ekspansi sekaligus buffer risiko, "Rasio total modal (CAR) bank industri masih cukup tinggi, yakni 19,51 persen atau meningkat dibandingkan posisi Desember 2013 yang tercatat 18,59 persen. Rasio modal inti (Tier I) pada periode tersebut masing-masing sebesar 177,79 persen dan 16,83 persen," kata Ganjar.

Menurutnya, tingkat rasio kredit bermasalah (NPL) gross juga masih terhitung rendah, yakni rata-rata 1,9 persen.

Selanjutnya, Ganjar menyampaikan bahwa pertumbuhan Dana Pihak Ketiga hingga Juni 2014 adalah 4,44 persen (ytd) atau sebesar 13,46 persen (yoy). Rasio LDR terjaga pada angka 90,25 persen atau tumbuh 0,55 persen (ytd).

"Capaian ini menurut penilaian kami masih dalam batas yang 'tolerable' sesuai dengan kemampuan dan target setiap bank dan juga rencana atau target nasional," kata Ganjar. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: