Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tunggakan Pelanggan PLN di Riau-Kepri Sebesar Rp 30 Miliar

Warta Ekonomi -

WE Online, Pekanbaru - PT PLN (Persero) Wilayah Riau-Kepulauan Riau menyatakan tunggakan pembayaran listrik pelanggan di daerah tersebut hingga bulan Juli 2014 mencapai sekitar Rp30 miliar.

"Tunggakan pelanggan mencapai Rp30 miliar," kata GM PLN Wilayah Riau-Kepri, Dodi Pangaribuan, kepada wartawan di Pekanbaru, Jumat.

Ia mengatakan tunggakan pelanggan tersebut mayoritas berada di Provinsi Riau karena Kepulauan Riau terlepas dari sistem interkoneksi Sumatera Bagian Tengah. Jumlah tunggakan tersebut mencapai 10 persen dari total pendapatan PLN yang sebesar Rp300 miliar.

"Seharusnya nilai tunggakan yang layak tiga persen dari pendapatan PLN. Banyak pekerjaan rumah buat kita," ujarnya.

Ia mengatakan, PLN seringkali masih terkendala dalam penagihan tunggakan karena pelanggan masih menilai pelayanan PLN belum maksimal karena masih terjadinya pemadaman bergilir.

Meski begitu, PLN tetap melakukan prosedur tegas terhadap pelanggan yang penunggak yakni untuk tunggakan satu bulan akan diputus sementara dan setelah tiga bulan akan diputus total.

Ia mengatakan jumlah pelanggan PLN di Provinsi Riau kini mencapai 1,249 juta pelanggan. Rinciannya, pelanggan berdaya 450-900 watt dengan komposisi terbesar yakni 60 persen dan untuk industri sekitar 20 persen.

Untuk tunggakan terbesar berada di Kota Pekanbaru yang jumlahnya mencapai 50 persen, atau setara Rp15 miliar.

"Makin ke kota makin banyak tunggakannya. Justru yang di daerah-daerah malah lebih taat bayar listrik," ujarnya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: