Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Wacana Kenaikan Harga BBM Belum Pengaruhi IKM

Warta Ekonomi -

WE Online, Manado - Wacana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi belum mempengaruhi industri kecil menengah (IKM) di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Jika akan ada kenaikan BBM bersubsidi, IKM tidak akan secara langsung merasakan hal tersebut," kata Kepala Bidang Fasilitasi dan Pengembangan IKM Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut, Alwy Pontoh di Manado, Jumat.

IKM di Sulut, katanya, masih menggunakan bahan baku lokal sehingga biaya BBM sangat kecil.

"Sebagian besar IKM Sulut, memanfaatkan bahan baku kearifan lokal, sehingga kenaikan BBM tidak akan terasa secara langsung," jelas Alwy.

Alwy mengatakan IKM mampu bertahan di saat krisis, sehingga perlu terus didorong agar IKM akan semakin eksis, walaupun BBM naik. Meski demikian, kenaikan ongkos transportasi, katanya, tidak akan menyebabkan kenaikan harga karena masih lebih kecil dari keuntungan yang diperoleh dari produk-produk IKM.

Memang, ada IKM yang nantinya akan terkena dampak karena keuntungan tidak besar. Meski demikian, dengan strategi pemasaran yang baik, pelaku sektor industri tertentu tetap dapat bertahan. Ia mengingatkan para pelaku IKM agar terus memperluas pasar sehingga usahanya lebih stabil dan kuat. (Ant)

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: