Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemenkeu: Situasi Perekonomian Dunia pada 2015 Serba Sulit

Warta Ekonomi -

WE Online, Solo - Wakil Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro mengatakan memasuki tahun 2015 merupakan situasi perekonomian dunia yang serbasulit dan tidak menentu sehingga Indonesia harus lebih berhati-hati kalau tidak ingin kembali seperti tahun-tahun yang lalu.

"Ya, untuk itu, pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla mendatang harus diingatkan mengenai kedaan situasi perekonomian dunia seperti ini," kata Prof. Dr. Bambang P.S Brodjonegoro, M.A. pada Seminar Nasional dan Pleno Himpunan Indonesia untuk Pengembangan Ilmu-Ilmu Sosial (HIPIIS) di Auditorium Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Sabtu.

Menurut Bambang, situasi itu salah satunya disebabkan adanya kebijakan perubahan mengenai perekonomian di Amerika Serikat.

"Ya, kalau kita tidak hati-hati, bukannya tidak mungkin akan terjadi krisis ekonomi seperti yang terjadi beberapa tahun lalu," katanya.

Untuk menghadapi persoalan tersebut, kata dia, juga perlu adanya birokrasi yang tangguh. Ia menambahkan birokrasi yang ada perlu diperbaiki dan adanya perlindungan hukum yang jelas. Menyinggung soal kelangkaan bahan bakar minyak (BBM), Bambang mengatakan sebaiknya pada bulan September 2014 harga komoditas BBM dinaikkan. Subsidi yang diberikan untuk BBM cukup tinggi, yaitu mencapai Rp300 triliun dan ini lebih tinggi untuk anggaran membayar gaji pegawai.

"Ya, kemarin dengan danya pengurangan pengiriman BBM di SPBU kelihatan banyak yang mengantre seperti itu yang kejadian di lapangan. Indonesia itu merupakan negara pengimpor BBM yang tinggi maka rasanya juga kurang pas kalau memberikan subsidi yang tinggi seperti itu," katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: