Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Cipta Karya: Target 100-0-100, Kota Tanpa Pemukiman Kumuh

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Direktorat Jendral Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum (PU) bersama Habitat Agenda Partners Indonesia adakan Lokarya Penyususnan National Report Habitat III  di Jakarta dengan tema Rekomendasi Nasional dan Global Menuju Pemukiman Berkelanjutan yang dihadiri oleh Wakil Menteri Pekerjaan Umum (PU) Hermanto Dardak

Konferensi Habitat merupakan konferensi  PBB di bidang pemukiman yang diselenggarakan setiap 20 tahun sekali. Konferensi Habitat I dilakukan di Vancouver,Kanada  1976  dengan tema Hunian Layak Bagi Semua ( Adequate Shelter for All),  konferesi Habitat ke II di selenggarakan di Istambul,Turki dengan tema Sustainable Human Settlememts in an Urbanizing World yang memfokuskan pada isu urbanisasi. Dan pada tahun 2016 akan berlangsung konferensi Habitat III yang akan mengambil tema Sustainable Urbanization, yang bertujuan mengkaji kembali komitmen Negara-negara anggota PBB untuk menindak lanjuti Habitaat II.

Imam S. Ernawi, Direktur Jenderal Cipta Karya, mengatakan perlunya menjaring masukan yang lebih luas dari para pakar, akademisi, kelompok masyarakat, dan pelaku pembangunan baik pemerintah dan swasta untuk menyusun Indonesia National Report Habitat III yang akan menjadi dokumen penting untuk mendorong kebijakan pemerintah mewujudkan pemukiman layak huni dan berkelanjutan sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang  Nasioanl (RPJN) 2005-2025 dimana Kementerian PU telah menetapkan target “100-0-100”, yaitu 100% akses air minum yang layak, 0% kawasan kumuh dan 100% akses sanitasi dampai tahun 2019.

Wamen PU, Hermanto Dardak mengatakan, Kementerian PU telah  memiliki capaian yang cukup baik hingga tahun2014 yaitu peningkatan akses pelayanan air minum tekah mencapai 70% , pengurangan luasan kawasan kumuh sebesar 12% dan peningkatan akses sanitasi yang layak sebesar 62,4%.

 

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Sufri Yuliardi
Editor: Sufri Yuliardi

Advertisement

Bagikan Artikel: