Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bank Pembayaran Diharapkan Terintegrasi Infrastruktur Bursa

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mengharapkan bank pembayaran transaksi bursa terintegrasi dengan fasilitas AKSes (Acuan Kepemilikan Sekuritas) sehingga sejalan dengan rencana pengembangan infrastruktur di pasar modal.

"Sinergi dengan perbankan diharapkan bisa menjadi solusi, karena pengembangan infrastruktur ini memerlukan investasi yang besar dan akan memakan waktu lama bila dilakukan sendiri oleh industri pasar modal," kata Direktur Utama KSEI Heri Sunaryadi di Jakarta, Senin (1/9/2014).

Ia menambahkan bahwa melalui infrastruktur perbankan, maka akses masyarakat yang ingin melakukan kegiatan investasi di pasar modal seperti saham dan reksa dana dapat menjadi lebih mudah.

Untuk merealisasi sinergi dengan perbankan, Heri Sunaryadi mengatakan pihaknya akan memasukkan persyaratan pengintegrasian fasilitas AKSes dengan jaringan perbankan seperti ATM bank, "internet banking" dan "mobile banking" sebagai salah satu syarat sebagai bank pembayaran transaksi Bursa.

"Luasnya jaringan ATM bank yang dilengkapi dengan fasilitas lain seperti 'internet banking' dan 'mobile banking' ditambah kemudahan penggunaannya diharapkan dapat mendukung kegiatan berinvestasi di pasar modal yang lebih mudah dan memasyarakat," katanya.

Dengan begitu, ia mengatakan bahwa pada masa depan investor cukup dengan menggunakan nomor "single investor identification" (SID) dapat melakukan berbagai aktivitas di pasar modal seperti pembelian saham perdana (IPO), sukuk ritel atau melakukan pembelian maupun penjualan reksa dana.

Heri Sunaryadi menjelaskan bahwa kerja sama dengan layanan perbankan merupakan langkah awal KSEI untuk mengembangkan fasilitas AKSes menjadi suatu "hub financial" bagi investor.

Saat ini terdapat lima Bank Pembayaran yang ditunjuk KSEI yakni Bank Central Asia Tbk, Bank CIMB Niaga Tbk, Bank Mandiri Tbk, Bank Negara Indonesia Tbk, dan Bank Permata Tbk. Bank pembayaran itu akan berakhir masa periodenya pada Juli 2015 mendatang.

Saat ini, baru sebanyak dua bank pembayaran yang sudah melakukan terintegrasi dengan fasilitas AKSes, yakni Bank Permata Tbk dan Bank Mandiri Tbk.

"KSEI akan memilih kembali bank pembayaran baru untuk periode selanjutnya," ucapnya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Advertisement

Bagikan Artikel: