Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apindo Dorong Pemerintah Pusat Bangun Jalan Tol Trans-Sumatera

Warta Ekonomi -

WE Online, Bandarlampung - Asosiasi Pengusaha Indonesia atau Apindo Provinsi Lampung mendorong pemerintah pusat agar pembangunan jalan tol Trans-Sumatera dari Lampung sampai Aceh terealisasi tahun ini.

"Provinsi Lampung merupakan salah satu dari empat ruas prioritas yang akan dibangun jalan tol tersebut. Jalan tol sangat penting untuk memperlancar transportasi kendaraan dan barang," kata Ketua Apindo Lampung Yusuf Kohar di Bandarlampung, Selasa (2/9/2014).

Selain memperlancar transportasi, kata dia, manfaat jalan tol itu juga dapat menghemat biaya perjalanan serta kendaraan bisa lebih cepat sampai tujuan. Menurut dia, pembangunan jalan tol yang akan melancarkan transportasi bisa memudahkan perputaran barang atau hasil bumi dari berbagai daerah yang melalui Lampung.

Ia mengatakan Lampung sebagai wilayah penyangga memerlukan prioritas pembangunan jalan tol itu mengingat terdapat titik kemacetan serta kondisi jalan tidak sebaik di Provinsi Jawa. Menurut dia, jalan-jalan di Provinsi Lampung yang umumnya jalan kelas dua dan tiga tidak dapat menahan beban kendaraan bermuatan berat sehingga akan membuat jalan cepat rusak.

"Solusinya perlu dibangun jalan tol atau memperlebar serta meningkatkan kualitas jalan sehingga arus transportasi lancar dan berdampak bagi kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

Pemerintah Provinsi Lampung mendorong percepatan pembangunan jalan tol Trans-Sumatera mengingat daerah itu merupakan salah satu dari empat ruas prioritas yang akan dibangun.

"Setelah rapat koordinasi dengan gubernur se-Sumatera terkait pembangunan jalan tol Sumatera. Saya perintahkan tim teknis dinas terkait untuk menyiapkan data-data yang dibutuhkan oleh pemerintah pusat agar pembangunan jalan tol segera dilaksanakan," kata Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo.

Ia menyebutkan Pemerintah Provinsi Lampung juga mendesak pemerintah pusat untuk segera menerbitkan Keppres terkait pembangunan jalan bebas hambatan tersebut. Termasuk BUMN yang ditunjuk yang akan membangun jalan tol Trans-Sumatera.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Lampung telah membentuk tim teknis pendukung rencana pembangunan jalan tol ruas ruas Bakauheni (Kabupaten Lampung Selatan) ke Terbanggi Besar (Kabupaten Lampung Tengah) sepanjang 150 km bisa dilaksanakan tahun 2015, termasuk tim yang dibentuk untuk pembebasan lahannya.

"Anggaran pembangunan pembebasan lahannya dari pemerintah pusat," kata dia.

Pemprov Lampung terus berkomitmen untuk menuntaskan pembebasan lahan jalan tol Trans-Sumatera di wilayahnya tahun 2014 sehingga pembangunan jalan bebas hambatan ruas Bakauheni (Kabupaten Lampung Selatan) ke Terbanggi Besar (Kabupaten Lampung Tengah) sepanjang 150 km bisa dilaksanakan. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: