Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dolar Menguat Didorong Spekulasi Kenaikan Suku Bunga Fed

Warta Ekonomi -

WE Online, New York - Kurs dolar AS menguat di seluruh papan pada Selasa (Rabu pagi WIB, 3/9/2014), karena data ekonomi AS yang positif mendorong spekulasi bahwa Federal Reserve akan menaikkan suku bunga lebih cepat dari perkiraan sebelumnya.

Indeks dolar, yang melacak greenback terhadap sekeranjang mata uang utama, naik ke tingkat tertinggi sejak Juli 2013 dan diperdagangkan sekitar 82,9 pada akhir perdagangan di New York.

Lembaga riset Institute for Supply Management (ISM) pada Selasa melaporkan bahwa kegiatan ekonomi AS di sektor manufaktur meningkat pada Agustus untuk bulan ke-15 berturut-turut, dengan PMI Agustus tercatat 59, naik dari 57,1 pada Juli.

Selain itu, belanja konstruksi AS melonjak 1,8 persen pada Juli ke tingkat tahunan sebesar 981,3 miliar dolar AS, tertinggi sejak Desember 2008, Departemen Perdagangan melaporkan Selasa. Kenaikan ini juga mengalahkan konsensus pasar.

Selain itu, data pertumbuhan ekonomi AS yang dirilis pekan lalu terus mendukung greenback. Produk domestik bruto (PDB) riil AS tumbuh pada tingkat tahunan sebesar 4,2 persen pada kuartal kedua, lebih tinggi dari estimasi awal sebesar empat persen dan mengalahkan ekspektasi para analis.

Investor sedang menunggu serangkaian data ketenagakerjaan utama yang dijadwalkan akan dirilis akhir pekan ini, termasuk laporan penggajian (payroll) non pertanian untuk Agustus yang akan dirilis pada Jumat (5/9).

Sementara itu, para investor akan memperhatikan pertemuan kebijakan moneter Bank Sentral Eropa (ECB) pekan ini dan mencari indikasi lebih lanjut langkah-langkah pelonggaran moneter di zona euro.

Pada akhir perdagangan New York, euro jatuh menjadi 1,3126 dolar dari 1,3130 dolar pada sesi sebelumnya, dan pound Inggris turun menjadi 1,6474 dolar dari 1,6609 dolar. Dolar Australia merosot ke 0,9274 dolar dari 0,9334 dolar.

Dolar dibeli 105,13 yen Jepang, lebih tinggi dari 104,29 yen pada sesi sebelumnya. Dolar sedikit berubah pada 0,9195 franc Swiss, dan bergerak naik menjadi 1,0924 dolar Kanada dari 1,0866 dolar Kanada. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Advertisement

Bagikan Artikel: