Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Analis: Waspadai Bursa Saham Global untuk Cegah 'Profit Taking'

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mampu bertahan di zona hijau seiring masih adanya aksi beli para investor, meski rupiah mengalami pelemahan.

Analis Asosiasi Efek Indonesia (AAEI) Reza Priyambada mengatakan tampaknya pelaku pasar masih tereuforia dengan rilis data-data inflasi dan neraca perdagangan yang mampu di atas estimasi di mana sebelumnya sempat diperkirakan kurang baik.

"Selain itu, laju bursa saham global juga masih bertahan positif dengan adanya optimisme langkah bank sentral terhadap pemulihan ekonomi, meski rilis indeks manufakturnya kurang baik. Akan tetapi, penguatan yang terjadi sedikit berkurang setelah asing berbalik catatkan nett sell," jelasnya di Jakarta, Rabu (3/9/2014).

Sepanjang perdagangan kemarin, IHSG menyentuh level 5.201,95 (level tertingginya) di jelang akhir sesi satu dan menyentuh level 5.179,33 (level terendahnya) di awal sesi satu dan berakhir di level 5.201,59. Volume perdagangan dan nilai total transaksi turun. Investor asing mencatatkan nett buy dengan penurunan nilai transaksi beli dan kenaikan transaksi jual. Investor domestik mencatatkan nett sell.

Pada perdagangan hari ini, IHSG diperkirakan akan berada pada rentang support 5.075-5.189 dan resisten 5.212-5.220. White marubozu melewati middle bollinger band (MBB). MACD mencoba untuk membentuk golden cross dengan histogram negatif yang memendek. RSI, Stochastic, dan William's %R kembali bergerak naik. Laju IHSG mampu bertahan di atas target support (5.150-5.167) dan juga mampu melampaui target resisten (5.181-5.192).

"Meski IHSG masih diselimuti sentimen positif, namun juga diikuti asing yang tercatat nett sell sehingga dapat mempengaruhi laju IHSG berbalik melemah. Untuk itu, tetap mencermati imbas dari pergerakan laju bursa saham global dan tidak langsung digunakan untuk profit taking," terang Reza.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: