Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Aset Bank BNI di Tokyo Capai 54 Miliar Yen

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - BNI Cabang Tokyo mencatatkan peningkatan aset dari 33 miliar yen sepanjang 2013 dan meningkat hingga 54 miliar yen pada delapan bulan pertama 2014.

Pemimpin BNI Cabang Tokyo Afien Yuni Yahya mengatakan pihaknya mampu meningkatkan aset yang dikelola dalam bisnis perbankan tersebut karena fokus pada tiga lini bisnis, yaitu perbankan ritel (retail banking), jasa perbankan bagi pebisnis (business banking), dan layanan transactional banking for financial institution.

"Sebagai satu-satunya bank komersial yang berasal dari Indonesia yang beroperasi di Jepang, salah satu fokus layanan yang ditawarkan BNI Tokyo pada lini bisnis retail banking adalah kiriman uang dalam mata uang rupiah dari Jepang ke Indonesia (express transfer)," ujar Afien dalam pernyataan resmi di Jakarta, Selasa (2/9/2014).

Ia mengatakan BNI menjadikan layanan pengiriman uang sebagai fokus karena potensi pasar yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Kebutuhan Jepang pada tenaga kerja asing akan mencapai 1 juta orang hingga tahun 2025.

"Guna menjawab tantangan tersebut, BNI Tokyo terus berupaya memperbaiki layanan kiriman uang dari Jepang ke Indonesia dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang dicapai oleh counterpart kami, perbankan Jepang. Kerja sama dengan lembaga yang mengelola kenshusei (pekerja magang yang berada di Jepang) akan terus dikembangkan untuk memperluas cakupan pelayanan kami," kata Afien.

Adapun pada lini bisnis business banking, BNI Tokyo ingin berperan lebih besar lagi dalam membangun jembatan bisnis antara Indonesia dan Jepang. BNI berupaya untuk melayani perusahaan Jepang dalam hal pinjaman sindikasi, pinjaman proyek trade finance, dan pinjaman SBLC untuk pembiayaan/proyek di Indonesia. Dengan dibukanya kantor sub-branch Osaka, BNI secara intensif menggarap peluang bisnis dari kawasan tengah dan barat Jepang yang merupakan pusat industrialisasi Jepang.

"Sementara untuk lini bisnis transactional banking for financial institutions, BNI Tokyo menyiapkan layanan Yen Nostro Services dan LC Advising/ Renegotiating," ujar Afien.

Wilayah kerja BNI Tokyo meliputi Rusia, Korea, dan Jepang. BNI Tokyo merupakan salah satu channel dari BNI yang berada di Jepang dan menjadi salah satu pilar yang sangat strategis bagi BNI dalam menjembatani bisnis antara Jepang dan Indonesia. Hal ini direalisasikan dengan membangun aliansi strategis dengan Japan Regional Bank dan institusi ternama di Jepang dalam memfasilitasi para investor Jepang yang berencana untuk berinvestasi ke Indonesia.

"Kami bangga sebagai salah satu pilar yang memberikan kontribusi kepada BNI yang dianugerahi The Best International Banking Division of the Year 2014 in South Asia oleh Alpha South East Asia baru-baru ini," kata Afien. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: