Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menhub: Penerapan ERP Tidak Hanya di Jakarta

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Menteri Perhubungan EE Mangindaan mengemukakan sistem electronic road pricing (ERP) nantinya tidak hanya akan diterapkan di wilayah Jakarta, namun juga di beberapa kota besar lain di Indonesia.

"Nanti Surabaya juga akan diterapkan ERP," kata Menteri Perhubungan EE Mangindaan di seminar Electronic Road Pricing di Jakarta, Selasa (2/9/2014).

Selain Surabaya dan Jakarta, rencananya ERP juga akan diterapkan di wilayah Medan serta Makassar. Ia menambahkan bahwa pada intinya ERP ini akan diterapkan di kota-kota metropolitan Indonesia yang memiliki masalah dengan kemacetan. Khusus di wilayah Jakarta, pemerintah memiliki target ERP akan segera diterapkan pada akhir 2015 supaya dapat membantu mengurai kemacetan di wilayah-wilayah strategis seperti Sudirman-Thamrin, Setiabudi-Kuningan, dan Gatot Subroto.

"Akhir 2015 kalau bisa sudah bisa memasang alat elektroniknya. Nanti, 2016 sudah bisa dimainkan semuanya," ujar dia.

Mangindaan menjelaskan ERP saat ini dalam proses uji coba di Jalan Jenderal Sudirman yang dianggap merupakan salah satu lajur jalan utama di Jakarta. Sekitar 50 kendaraan dipasangi on board unit untuk menguji teknologi ERP. Lebih lanjut, Mangindaan mengatakan bahwa dari seminar yang membahas ERP tersebut hasilnya dapat digunakan sebagai masukan untuk rumusan peraturan pelaksanaan ERP.

"PP 61 tahun 2011 memang sudah ada, namun itu cakupannya masih terlalu luas. Kita membutuhkan yang langsung menyentuh pelaksanaan ERP itu sendiri," kata dia. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: