Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

KKP: Perairan Umum Sumber Ekonomi Kerakyatan

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Sjarief Widjaja menyebutkan perairan umum merupakan sumber ekonomi kerakyatan.

"Perairan umum ini merupakan sumber ekonomi kerakyatan yang menghidupi lebih dari 400.000 keluarga nelayan dan pembudi daya ikan di Indonesia," kata Sjarief di Jakarta, Selasa (2/9/2014).

Akan tetapi, Sjarief menyebutkan berbagai tekanan terhadap perairan umum tersebut akan terus berlanjut mempengaruhi seluruh kehidupan di perairan umum. Hal itu kemudian dikatakan Sjarief telah menyebabkan rusak dan musnahnya sumber daya perikanan yang kemudan memiskinkan dan menyengsarakan masyarakat nelayan dan pembudidaya ikan.

"Berkaca dari hal itu, kami mengimbau para stakeholders, yakni masyarakat, pemerintah daerah, dan instansi terkait untuk terus meningkatkan kepeduliannya dalam memelihara dan menyelamatkan kelestarian keanekaragaman hayati perairan umum serta memanfaatkannya secara berkesinambungan," kata dia.

Sebagai sumber keanekaragaman hayati maka perairan umum Indonesia kaya akan jenis ikan dan sumber daya hayati lainnya.

"Kerentanan ekosistem perairan umum dan spesies yang menghuninya telah terjadi di sebagian besar daerah aliran sungai," jelas Sjarief.

Sjarief menyebutkan sumber daya tersebut telah mendapat berbagai tekanan dari berbagai kegiatan pembangunan, seperti pengambilan air untuk keperluan domestik, pemanfaatan pertanian, dan industri. Selain itu, pencemaran organik dan anorganik, penangkapan ikan, introduksi spesies dari luar dan kerusakan habitat semakin mengancam kelestarian sumber daya hayati perairan. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: