Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menperin: Indonesia Sudah Ekspor 160 Ribu Mobil

Warta Ekonomi -

WE Online, Pekanbaru - Menteri Perindustrian (Menperin) MS Hidayat menyatakan bahwa saat ini Indonesia telah mengekspor sebanyak lebih dari 160 ribu unit mobil jenis sedan dan APV ke sejumlah negara di Timur Tengah.

"Selain juga ada diekspor ke Filipina dan Pakistan serta beberapa negara lainnya," kata Hidayat kepada pers di Jakarta, Selasa (2/9/2014).

Hidayat mengatakan bahwa untuk tahun ini pemerintah dan pelaku otomotif menargetkan ekspor mobil utuh (completely built up/CBU) Indonesia sebanyak 200 ribu unit. Jumlah tersebut naik sekitar 17,6 persen dibanding 2013 yang sebanyak 170 ribu unit, namun diakuinya masih jauh tertinggal dibanding ekspor mobil CBU produksi Thailand yang tembus satu juta unit.

Hingga saat ini, lanjut kata dia, produk otomotif Indonesia sudah dikirim ke lebih dari 80 negara di dunia. Menurut dia, itu merupakan pencapaian yang membanggakan dan bukti kualitas produk otomotif Indonesia telah dapat diterima dengan baik oleh pasar global.

"Mobil-mobil tersebut asli dirakit di dalam negeri untuk kemudian diekspor," katanya.

Data Kemenperin menyebutkan bahwa pada 2012 ekspor mobil CBU Indonesia sudah sebanyak 125 ribu unit dan meningkat menjadi 170 ribu unit hanya dalam tempo setahun. Sedangkan, ekspor mobil dalam bentuk terurai (completely knocked down/CKD) mencapai 100 ribu unit pada 2012. Kemudian meningkat menjadi 105 ribu di tahun 2013. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: