Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menhub: Motor Boleh Lewat ERP

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Menteri Perhubungan EE Mangindaan menyatakan wacana yang menyebutkan bahwa sepeda motor dilarang untuk melewati wilayah penerapan electronic road pricing (ERP) adalah tidak benar.

"Kita tidak melarang sepeda motor karena tidak ada aturan yang melarang. Tapi, ada imbauan agar motor tidak masuk ke situ," kata Menteri Perhubungan di seminar electronic road pricing di Jakarta, Selasa (2/9/2014).

Mangindaan menjelaskan bahwa yang menjadi kendala tersendiri bagi sepeda motor yang memasuki wilayah ERP adalah jalur khusus untuk kendaraan beroda dua. Oleh sebab itu, dia menekankan bahwa perlu disiapkan jalur khusus untuk sepeda motor.

"Masalah selanjutnya adalah ruang untuk kendaraan di Jakarta kan susah. Kalau mau menggunakan jalur khusus seperti di Korea dengan pembangunan ke atas (flyover) akan membutuhkan tiang pancang. Nah, nanti susah lagi," papar dia.

Mangindaan menyebutkan pembebasan tanah yang akan digunakan untuk membuat tiang pancang tersebut akan mengalami kendala.

"Itulah yang menjadi kendala. Kita tidak bisa melarang motor untuk lewat, namun harus dibuatkan jalur khusus," kata dia.

Sebagai solusi lain, Mangindaan mengimbau agar masyarakat bersedia untuk menggunakan transportasi publik yang kini telah dikembangkan seperti (BRT) Trans Jakarta, commuter line, serta monorail dan mass rapid transit yang sedang dalam proses pembangunan.

Khusus di wilayah Jakarta, pemerintah memiliki target ERP akan segera diterapkan pada akhir 2015 supaya dapat membantu untuk mengurai kemacetan di wilayah-wilayah strategis seperti Sudirman-Thamrin, Setiabudi-Kuningan, dan Gatot Subroto.

"Akhir 2015 kalau bisa sudah bisa memasang alat elektroniknya. Nanti, 2016 sudah bisa dimainkan semuanya," ujar dia.

Mangindaan menjelaskan ERP saat ini sedang dalam proses uji coba di lajur jalan Jenderal Sudirman yang dianggap merupakan salah satu lajur jalan utama di Jakarta. Sekitar 50 kendaraan dipasangi on board unit untuk menguji teknologi ERP sejak Juli 2014. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: