Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bank Mandiri Turunkan Suku Bunga Deposito

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Bank Mandiri menurunkan suku bunga simpanan dalam bentuk deposito sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 6,00 persen pada September 2014 dari sebelumnya 6,25 persen pada Agustus 2014.

Direktur Utama Bank Mandiri Budi G Sadikin mengatakan pihaknya menurunkan suku bunga deposito karena telah mencapai kondisi likuiditas yang lebih baik untuk mendukung pertumbuhan kredit dan aset produktif lainnya sesuai target yang telah dicanangkan dalam anggaran 2014.

"Kami akan memiliki beban bunga yang cukup besar jika mempertahankan suku bunga tetap tinggi. Selain itu, suku bunga tinggi juga akan membuat persaingan dana perbankan semakin ketat," ujar Budi di Jakarta, Rabu (3/9/2014).

Budi juga menilai kondisi likuiditas di pasar uang rupiah saat ini semakin longgar bila dibandingkan dengan periode menjelang Lebaran 2014.

"Perebutan likuiditas antarbank pada periode menjelang Lebaran 2014 sangat terasa sebab masing-masing bank berupaya menyediakan likuiditas yang cukup bagi para nasabahnya," ujar Budi.

Sementara itu, lanjut Budi, suku bunga dana rupiah yang diperkirakan akan stabil pada masa mendatang menjadi pertimbangan Bank Mandiri untuk menyesuaikan tingkat suku bunga dana yang berlaku saat ini. Hingga Juni 2014 penghimpunan dana pihak ketiga (rupiah dan valas) dari deposito Bank Mandiri berkontribusi sekitar 36,11 persen dari total dana pihak ketiga (DPK) yang dihimpun senilai Rp 501,34 triliun.

Menurut Budi, penurunan suku bunga ini juga diharapkan dapat mendorong penurunan bunga kredit sehingga perbankan dapat menurunkan risiko kredit dan memperkuat fungsi intermediasi guna mendukung pembangunan serta peningkatan pertumbuhan ekonomi nasional. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: