Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ekonom: Perekonomian Indonesia akan Berada di Kisaran 5,1-5,3%

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Ekonom dari PermataBank Josua Pardede melihat bahwa perekonomian Indonesia akan mencapai kisaran 5,1% hingga 5,3% pada tahun 2014.

"Prediksi ini dengan mengasumsikan bahwa perekonomian dunia akan semakin membaik pada semester II-2014 yang akan meningkatkan kinerja ekspor, terutama ekspor nonmigas," ujarnya.

Sementara itu, Josua menuturkan bahwa dengan berakhirnya proses pemilihan presiden tahun ini diharapkan akan meningkatkan kepercayaan investor asing sehingga akan meningkatkan investasi.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), ekonomi Indonesia pada kuartal II-2014 berada di level 5,12% yoy atau melambat dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi kuartal sebelumnya sebesar 5,22%. Perlambatan ekonomi kuartal II tahun 2014 tersebut disebabkan oleh melambatnya konsumsi rumah tangga seiring dengan tren menurunnya daya beli masyarakat terutama pasca-kenaikan BI rate sebesar 175 bps pada semester II tahun 2013.

Selain itu, investasi pada kuartal II tahun 2014 juga menunjukkan tren melambat karena investor masih menunggu konfirmasi hasil pemilihan presiden yang akan mempengaruhi rencana bisnis para investor ke depannya.

"Selain perlambatan konsumsi rumah tangga dan investasi, perlambatan ekonomi pada kuartal II tahun ini juga disebabkan oleh masih lemahnya kinerja ekspor terutama seperti batu bara, CPO, dan mineral mentah," imbuhnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: