Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Perhelatan Pilres, Kunjungan Wisman ke Jabar Juli 2014 Turun Drastis

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Perhelatan Pilpres 2014 pada 9 Juli 2014 lalu membuat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di beberapa provinsi mengalami penurunan. Salah satu provinsi yang mengalami penurunan kunjungan wisman adalah Provinsi Jawa Barat.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat, jumlah kunjungan wisman ke Jawa Barat sepanjang Juli 2014 sebanyak 6.241 orang atau mengalami penurunan drastis dari 16.942 orang pada Juni 2014 lalu.

"Secara total, jumlah wisman yang datang berkunjung ke Jawa Barat pada Juli 2014 mengalami penurunan dibandingkan Juni 2014," kata Kepala BPS Jawa Barat Gema Purwana.

Ia menjelaskan parameter jumlah wisman yang berkunjung dapat dihitung melalui pintu masuk Bandara Husein Sastranegara yang mencapai 6.166 orang atau mengalami penurunan dibanding Juni 2014 sebanyak 16.899 orang. Sedangkan, melalui Pelabuhan Muarajati Kota Cirebon pada Juli 2014 sebanyak 75 orang atau meningkat dibanding Juni 2014 sebanyak 43 orang.

BPS merinci wisman yang terbanyak datang ke jabar pada Juli 2014 berasal dari Malaysia sejumlah 3.262 orang, disusul Singapura 1.513 orang. Selain wisman asal Malaysia dan Singapura, wisman berkewarganegaraan Filipina, Thailand, Jepang, India, Australia, Amerika Serikat, dan Inggris juga mengalami penurunan.

Sementara itu, jumlah wisman berkewarganegaraan Korea Selatan, Tiongkok, Belanda, Jerman, Perancis, Saudi Arabia, dan wisman berkewarganegaraan lainnya mengalami kenaikan dibandingkan bulan sebelumnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: