Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bappenas: Kesenjangan Sosial Hambat Pertumbuhan Ekonomi

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Wakil Menteri PPN/Wakil Kepala Bappenas Lukita Dinarsyah Tuwo mengatakan masalah kesenjangan dan keadilan sangat berbahaya bagi keutuhan bangsa dan lancarnya pelaksanaan pembangunan.

"Isu kesenjangan merupakan isu yang sangat berbahaya di mana bisa menyebabkan ada satu konflik sosial serta melemahnya modal sosial dan akhirnya pada jangka menengah atau panjang akan membahayakan pertumbuhan ekonomi itu sendiri yang sangat kita butuhkan," kata Lukita pada pertemuan Puncak Reformasi Birokrasi di Hotel Luwansa, Jakarta, Selasa (9/9/2014).

Lebih luas, ia menjelaskan bahwa situasi ketimpangan pada Indonesia sebenarnya sudah cukup lama, yaitu sebelum krisis ekonomi 1997-1998, saat krisis ekonomi 1997-1998 di mana mulai melebar, dan setelah krisis ekonomi di mana justru ketimpangan cenderung meningkat terutama antarkelompok ekonomi dan antar-kota/desa.

"Dalam berbagai studi menunjukkan bahwa kesenjangan tinggi pada akhirnya akan menyebabkan pertumbuhan ekonomi menurun. Yang pasti, kesenjangan sosial akan menyebabkan investasi menurun," tegasnya.

Oleh karena itu, ia menekankan pentingnya penyelesaian secepat-cepatnya terkait kesenjangan atau ketimpangan sosial yang akan berdampak kepada pertumbuhan ekonomi.

"Harus menjadi komitmen bersama dan ditangani dalam waktu segera," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: