Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Garuda Hentikan Proses Pencarian Investor Strategis Citilink

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT Garuda Indonesia Tbk menghentikan proses pencarian investor strategis untuk PT Citilink Indonesia sejalan dengan membaiknya kinerja keuangan anak usaha Garuda tersebut.

"Berdasarkan kondisi kinerja Citilink dan juga diskusi dengan calon investor, maka demi kepentingan terbaik bagi Citilink dan Garuda Indonesia, proses ini tidak dilanjutkan dahulu," kata VP Corporate Communications Garuda, Pudjobroto dalam siaran pers di Jakarta, Selasa malam (9/9/2014).

Menurut Pudjobroto, sedianya pencarian investor strategis bertujuan untuk meningkatkan ekuitas bagi Citilink Indonesia, yang dilakukan bersama-sama antara Garuda Indonesia dan Citilink.

Namun seiring berjalannya proses pencari tersebut, Citilink secara konsisten menunjukkan kinerja yang lebih baik.

Citilink telah mencapai 9,7 persen pangsa pasar penjualan penerbangan domestik segmen biaya rendah (low cost carrier) pada Desember 2012, hingga kemudian menjadi 16 persen pada Juni 2014.

"Citilink tetap merupakan hal yang penting bagi strategi bisnis Garuda Indonesia, dan terkait hal ini Garuda Indonesia akan terus melakukan evaluasi dalam menentukan kebijakan strategis untuk Citilink," ujar Pudjobroto.

Sebelumnya diberitakan, Garuda gencar mencari investor strategis untuk Citilink sebagai langkah mengembangkan anak perusahaannya itu setelah kinerja keuangan yang terus memburuk.

Bahkan Direktur Utama Garuda Emirsyah Satar pernah mengungkapkan bahwa penjaringan calon mitra Citilink sudah menyisakan dua perusahaan.

Saat ini Citilink melayani lebih dari 140 frekuensi penerbangan harian dari Jakarta dan Surabaya ke Batam, Banjarmasin, Denpasar, Balikpapan, Yogyakarta, Medan, Palembang, Padang, Ujung Pandang, Pekanbaru, Lombok, Bengkulu, Jambi, Semarang, Malang, Kupang, Pangkal Pinang, Tanjung Pandan, dan Bandung.

Selain itu Citilink juga akan membuka penerbangan ke beberapa negara tetangga seperti dari Surabaya ke Malaysia, Surabaya ke Singapura, dan Denpasar ke Perth. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Advertisement

Bagikan Artikel: