Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bappenas: Biaya Transportasi Sumber Mahalnya Biaya Logistik RI

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Direktur Perdagangan, Investasi, dan Kerja Sama Ekonomi Internasional Kementerian Bappenas Amalia Adininggar Widyasanti mengatakan biaya logistik Indonesia relatif lebih tinggi dibandingkan negara-negara lain.

"Ini yang akan terus kita upayakan ke depan agar kita bisa menurunkan biaya logistik," kata Amalia pada Seminar Nasional Pembenahan Sistem Logistik Nasional yang digelar LKBN Antara di Jakarta, Rabu (10/9/2014).

Ia menguraikan bahwa dalam struktur biaya logistik nasional terbagi dalam tiga bagian, yaitu biaya transportasi, biaya administrasi, dan biaya inventori. Namun, yang masih menjadi sumber terbesar dari besarnya biaya logistik nasional berasal dari biaya inventori dan biaya transportasi.

"Ini yang akan kita tekankan ke depan bahwa biaya transportasi akan ditekan dengan mengembangkan infrastruktur dan biaya inventori akan juga kita tekan dengan pengembangan soft infrastruktur yang lebih baik," urainya.

Oleh karena itu, pemerintah diakuinya akan terus mengembangkan infrastruktur di antaranya kondisi jalan akan terus ditingkatkan. Kemudian kinerja pelabuhan-pelabuhan yang belum optimal akan menjadi perhatian ke depan, terutama untuk dwelling time.

"Hal lain yang perlu mendapatkan perhatian, yaitu bagaimana meningkatkan keseimbangan antara moda transportasi laut, darat, dan udara menjadi faktor terpenting ke depan," urainya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: