Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bappenas: Penguatan Sislognas Kunci Daya Saing RI

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Direktur Perdagangan, Investasi, dan Kerja Sama Ekonomi Internasional Kementerian Bappenas Amalia Adininggar Widyasanti menegaskan pentingnya pengembangan sistem logistik nasional (sislognas) dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 mendatang.

"Sislognas diharapkan akan meningkatkan daya saing nasional di mana daya saing nasional ke depan akan dibutuhkan karena kita akan menghadapi MEA 2015," kata Amalia pada Seminar Nasional Pembenahan Sistem Logistik Nasional yang digelar LKBN Antara di Jakarta, Rabu (10/9/2014).

Ia menjelaskan pengembangan sislognas sebenarnya merupakan bagian tidak terpisahkan dari Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Apalagi, hal itu diperkuat dengan Peraturan Presiden Nomor 26 Tahun 2012 mengenai cetak biru sislognas.

"Sislognas bagian di dalam MP3EI di mana salah satu strategi dari MP3EI adalah memperkuat konektivitas nasional dan di dalamnya ada sislognas," tegasnya.

Sislognas juga, katanya, bertujuan untuk menurunkan ketimpangan antar-wilayah di indonesia serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pemerintah pun sudah menyusun target yang akan dicapai di dalam pengembangan sislognas, yaitu

1. tahun 2011-2015 target biaya logistik nasional diharapkan menurun 3% dari tahun 2011 atau kemudian skor logistic performance index (LPI) 3,1;

2. tahun 2016-2020 diharapkan biaya logistik nasional terus turun dan skor LPI 3,3;

3. tahun 2021-2025 biaya logistik nasional turun 5% dari tahun 2020 dan skor mencapai 3,5.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: