Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

PLN Dorong Pembangunan Pembangkit Listrik dari Limbah Sawit

Warta Ekonomi -

WE Online, Banjarmasin - General Manager PT PLN Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah Mursalin mengatakan pihaknya terus mengupayakan pemenuhan energi listrik di Kalimantan Selatan antara lain dengan mendorong masyarakat untuk membangun pembangkit dari limbah sawit.

Menurut Mursalin, potensi energi listrik terbarukan dari berbagai potensi sumber daya alam (SDA) di Kalimantan Selatan yang belum tergarap dengan baik masih cukup besar.

"Potensi tersebut bila diolah tidak hanya mampu memenuhi kekurangan kebutuhan listrik di daerah ini, tetapi juga mampu mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat," katanya di Banjarmasin, Rabu (10/9/2014).

Seperti energi dari limbah sawit, tambah dia, bila masyarakat bersedia mengolah menjadi energi terbarukan maka PLN siap membeli dengan harga yang sesuai dan pasti menguntungkan masyarakat.

"Seperti pembangkit dari limbah sawit, bangun saja, walaupun kecil-kecil, pasti akan saya beli dan keuntungan masyarakat akan sangat besar," katanya.

Selain mendorong pengembangan pembangkit dari potensi SDA yang ada di daerah ini, PT PLN juga membeli listrik dari excess power atau kelebihan listrik dari pembangkit yang dibangun perusahaan yang ada di Kalsel. Menurut dia, dengan membeli dari excess power maupun membeli dari pembangkit listrik terbarukan yang dikelola oleh masyarakat, PT PLN mampu menghemat anggaran negara yang cukup besar dibanding bila harus memanfaatkan pembangkit listrik tenaga diesel yang menggunakan solar.

"Kalau menggunakan solar tanpa subsidi per liternya Rp 10 ribu. Bila dihitung-hitung maka untuk pemakaian mesin satu kwh maka biayanya menjadi Rp 2.750 per kwh," katanya.

Sedangkan, untuk excess power biaya per kwhnya hanya sekitar Rp 853 dan untuk energi terbarukan seperti dari limbah sawit hanya sekitar Rp 1.170 per kwh.

"Jadi, potensi energi terbarukan yang ada di daerah ini bila bisa dimanfaatkan maka akan sangat menguntungkan bagi masyarakat maupun negara," katanya. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: