Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dahlan: E-Toll Pass OBU Itu Program Gagal

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Menteri BUMN Dahlan Iskan memastikan program e-toll pass on board unit (OBU) yang dikembangkan PT Jasa Marga dan Bank Mandiri dihentikan karena dinilai gagal dalam implementasi di lapangan.

"Saya anggap program itu gagal. Saya minta dihentikan karena setelah diluncurkan selama setahun kurang mendapat respons dari masyarakat," kata Dahlan usai menggelar Rapat Pimpinan Kementerian BUMN di Gedung Pusat PT PGN, Jakarta, Kamis (11/9/2014).

Perangkat OBU adalah perangkat transmitter yang dipasang di dalam kendaraan dan berfungsi untuk memancarkan sinyal elektronik yang dibaca oleh receiver di gerbang tol otomatis (GTO). Perangkat tersebut akan membuka barrier sehingga pengguna jalan tol tidak harus membuka kaca jendela dan bisa melaju dengan kecepatan sekitar 20 km/jam. Program ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mengatasi kemacetan, terutama di ruas tol.

Dalam pengembangannya kartu e-toll pass tersebut dirancang dapat digunakan juga untuk transaksi lainnya, seperti kartu debit, kartu pembayaran tagihan, dan untuk transportasi lainnya. Tapi, kenyataannya pemakaian kartu tersebut tidak praktis karena harus dicabut dan dipasang kembali pada OBU sehingga tidak terlalu nyaman menggunakannya. Selain itu, perangkat OBU juga harganyanya mahal sekitar Rp 600.000 per unit sehingga cukup memberatkan konsumen.

"Belum lagi perangkat OBU yang sensitif tidak tahan terhadap cuaca panas sehingga mudah rusak," ujar Dahlan.

Mantan Dirut PT PLN ini menuturkan penerapan e-toll pass tidak semudah yang dibayangkan seperti di sejumlah negara yang memiliki sistem pendataan penduduk lebih maju.

"Jadi, saya instruksikan dibatalkan. Tapi, sistem tol gate lainnya, yaitu e-toll card, dengan kartu yang ditempatkan di GTO masih terus dilanjutkan," ujar Dahlan. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: