Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemendag Dorong UKM Manfaatkan Teknologi Pemasaran

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendorong pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) untuk memanfaatkan teknologi guna memasarkan produk.

"Dunia digital harus dilihat sebagai peluang untuk memasarkan produk UKM yang mutunya baik," kata Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Sri Agustina di Jakarta, Kamis (11/9/2014).

Saat menjadi pembicara dalam seminar tentang peningkatan kinerja ekonomi yang digelar Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Agustina mengatakan penguasaan teknologi pemasaran penting untuk menghadapi perdagangan bebas. Apalagi, memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan digelar pada 2015 menurutnya menjadi peluang bagi pelaku UKM untuk mengembangkan strategi pemasaran.

Sri mengatakan bahwa dari 50 juta UKM di Tanah Air baru 75 ribu yang menggunakan teknologi informasi untuk memasarkan produk.

"Sedikit sekali yang menjual produk mereka secara online. Padahal, di era teknologi informasi transaksi bisnis lewat internet terus meningkat," katanya.

Kemendag, tambahnya, sudah mendorong UKM untuk memanfaatkan teknologi dalam pemasaran produk mereka. Salah satunya memberi pelatihan membuat situs dan mendaftarkan mereka menjadi anggota asosiasi pedagang eleketronik. Selain itu, Kemendag juga membuka ruang konsultasi usaha yang diluncurkan sebulan lalu untuk membantu pengusaha, terutama UKM untuk mengembangkan bisnis.

"Sambutannya cukup menggembirakan. Baru sebulan sudah 300 pelaku usaha yang memanfaatkan program konsultasi usaha ini," katanya.

Ruang konsultasi usaha tersebut, kata dia, juga disediakan dalam bentuk online sehingga pelaku usaha lebih mudah mengakses fasilitas tersebut. Sebagian besar pelaku usaha mempertanyakan tentang regulasi dalam perdagangan dan teknis lainnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia Bidang Koordinasi Asosiasi Noke Kiroyan mengatakan rapat koordinasi nasional tersebut untuk membahas peran asosiasi bisnis meningkatkan perekonomian nasional.

"Kami mengundang pengurus dari 180 asosiasi bisnis membahas sinergitas untuk meningkatkan kinerja perekonomian nasional, termasuk sektor UKM," katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: