Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dahlan: BUMN Reasuransi Mulai Beroperasi Awal 2015

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan mulai 1 Januari 2015 Indonesia resmi memiliki perusahaan reasuransi dalam skala besar dengan menggabungkan (inbreng) empat perusahaan. Empat perusahaan itu Reasuransi Internasional Indonesia (ReIndo), Tugu Reasuransi Indonesia, Reasuransi Nasional Indonesia (NasRe), dan Asuransi Ekspor Indonesia (ASEI).

"BUMN Reasuransi yang dinamakan Indonesia Reasuransi ini akan diluncurkan pada Oktober 2014, namun mulai resmi beroperasi pada 1 Januari 2015," kata Dahlan di Jakarta, Kamis (11/9/2014).

Menurut Dahlan, saat ini persiapan penggabungan usaha tiga perusahaan reasuransi dan satu perusahaan asuransi tersebut memasuki tahap finalisasi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Penggabungan perusahaan reasuransi tersebut agar pemerintah memilki perusahaan penjaminan asuransi dengan modal dan aset besar.

"Saat ini perusahaan reasuransi BUMN skalanya kecil-kecil. Di lain pihak kita membutuhkan reasuransi yang dapat meng-cover kegiatan penjaminan dalam volume besar," ujarnya.

Selama ini, tambah mantan Dirut PT PLN ini, Indonesia rata-rata kehilangan potensi premi reasuransi sekitar Rp 8 triliun per tahun yang lari ke perusahaan reasuransi di luar negeri.

"Dengan terbentuknya Indonesia Reasuransi maka potensi devisa dari bisnis reasuransi tersebut dapat diserap seluruhnya di dalam negeri," tuturnya.

Dahlan menambahkan rencana pengoperasian Indonesia Reasuransi tersebut mendapat respons positif dari perusahaan reasuransi asal Eropa seperti Swiss atau Inggris.

"Mereka sudah kontak kita dan siap menjalin kerja sama dengan Reasuransi Indonesia," ucap Dahlan. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: