Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sinergi PANN dan PP Untuk Fasilitas Pembelian Tagihan

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta- PT PANN Pembiayaan Maritim menandatangani Perjanjian Kerja Sama Fasilitas Pembelian Tagihan (Anjak Piutang) dengan PT Pembangunan Perumahan sebagai bentuk sinergi yang dilakukan antar-BUMN.

"Kerja sama ini dimaksudkan sebagai wujud program sinergi antar-BUMN dan anak perusahaan sebagaimana diamanatkan di dalam Keputusan Menteri BUMN No. KEP-109/MBU/2002," kata Direktur Utama PT PANN Pembiayaan Maritim, Suhardono dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama yang dilakukan langsung oleh Dirut PANN Suhardono dan Direktur Keuangan PT Pembangunan Perumahan Tumiyana menyebutkan bahwa untuk tahap pertama, pihak perseroan menyediakan plafon pembiayaan sebesar Rp250 miliar.

Suhardono menjelaskan, kerja sama tersebut sejalan dengan keinginan perseroan untuk memacu bisnis di segmen anjak piutang serta untuk memenuhi kebutuhan mitra kerja PT Pembangunan Perumahan seperti sub-kontraktor, supplier, pemborong dan pihak ketiga lainnya yang memiliki tagihan dari PT Pembangunan Perumahan.

Fasilitas anjak piutang itu, lanjutnya, memiliki manfaat bagi mitra kerja PT Pembangunan Perumahaan antara lain cepat mendapatkan uang kas, biaya produksi akan menjadi lebih murah karena pembayaran lebih awal.

Selain itu, manfaat lainnya adalah meningkatkan daya saing dunia usaha dan kontrol piutang menjadi lebih sederhana dan baik.

Sedangkan PT Pembangunan Perumahan dinilai akan mendapatkan manfaat yakni kualitas pekerjaan mitra akan menjadi lebih baik, selesai tepat waktu karena tersedia dana.

"Yang penting lagi, penghematan biaya dan adanya fleksibilitas dalam mengatur aliran dana (cashflow) sesuai prioritas di lapangan," ujar Suhardono.

PT PANN Pembiayaan Maritim merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa keuangan non-bank dengan fokus pada segmen maritim dengan pengalaman lebih dari 39 tahun.

Bidang usaha PANN Maritime Finance merupakan penerusan usaha dari PT PANN (Persero) yang saat ini bertindak sebagai holding company.

"Keunggulan kompetitif perseroan telah teruji dan menjadi yang terdepan di dalam pembiayaan di bidang maritim dengan berbagai kombinasinya diantaranya adalah memiliki unit ship management yang mempunyai kemampuan dalam mencari kapal sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan," ucapnya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Arif Hatta

Advertisement

Bagikan Artikel: