Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BMKG: Siklon Tropis Kalmaegi Pengaruhi Cuaca di Kepri

Warta Ekonomi -

WE Online, Batam - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Hang Nadim Batam menyatakan siklon tropis Kalmaegi di Samudra Pasifik sebelah timur Filipina memberikan dampak pada pembentukan belokan angin di Provinsi Kepulauan Riau, Minggu (14/9/2014).

"Akibatnya, potensi pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah Kepri cukup besar," kata prakirawan BMKG Batam Nizam Mawardi.

Potensi pertumbuhan awan itu juga didukung oleh nilai kelembapan udara atas yang tinggi sehingga cuaca di Kepri diprakirakan berawan dan berpeluang terjadi hujan ringan yang kadang disertai petir dan angin kencang. Meski begitu, menurut Nizam, cuaca masih kondusif untuk aktivitas transportasi darat dan udara.

"Untuk transportasi laut diimbau agar lebih berhati-hati terhadap arus laut yang cukup kuat, terutama di Perairan Anambas," kata dia.

Secara detail, BMKG memprakirakan cuaca Kota Batam pada Minggu pagi berawan, siang hujan ringan, dan malam kembali berawan. Kecepatan angin diprakirakan 5 sampai 40 kilometer per jam arah selatan. Suhu udara di Batam antara 24--32 derajat Celsius dengan kelembapan 65--95 persen, sedangkan gelombang laut di perairan Batam diperkirakan 0,8--1,8 meter.

Cuaca di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan di Pulau Bintan pada Minggu pagi hingga siang berawan hujan ringan dan malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan 5--38 km/jam arah selatan. Suhu udara Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan antara 24 dan 31 derajat Celsius dengan kelembapan 66--96 persen, sedangkan gelombang laut di perairan Pulau Bintan diperkirakan 1--2 meter.

Wilayah Karimun pada Minggu pagi berawan, siang berawan hujan ringan, dan malam kembali berawan. Kecepatan angin mencapai 5--28 km/jam arah selatan. Suhu udara di Karimun antara 24 dan 31 derajat Celsius dengan kelembapan 68--96 persen, sedangkan gelombang laut di perairan Karimun diperkirakan 0,8--1,8 meter.

Cuaca di Lingga Minggu pagi berawan hujan ringan dan siang hingga malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan 5--28 km/jam arah tenggara. Suhu udara di Lingga antara 24 dan 32 derajat Celsius dengan kelembapan 72--94 persen, sedangkan gelombang laut diperkirakan 1--2 meter.

Wilayah Kabupaten Natuna pada Minggu pagi berawan, siang berawan hujan, dan malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan 5--36 km/jam arah selatan. Suhu udara di Natuna antara 25 dan 32 derajat Celsius dengan kelembapan 72--92 persen, sedangkan gelombang laut diperkirakan 1--2,2 meter.

Di Kabupaten Anambas pada Minggu pagi berawan, siang berawan hujan ringan, dan malam kembali berawan. Kecepatan angin diprakirakan 5--36 km/jam arah selatan. Suhu udara Anambas antara 25 dan 32 derajat Celsius dengan kelembapan 62--90 persen, sedangkan gelombang diperkirakan 1--2,2 meter. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: