Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BMKG Imbau Nelayan di Babel Tidak Melaut

Warta Ekonomi -

WE Online, Pangkalpinang - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung (Babel), meminta masyarakat untuk mewaspadai angin kencang dengan kecepatan lebih dari 30 kilometer per jam dalam beberapa hari ke depan.

"Angin kencang tersebut berembus di Kabupaten Belitung dan Belitung Timur," kata Staf Koordinator Unit Analisa Kantor BMKG Pangkalpinang Evi Diana Prihatiningsih di Pangkalpinang, Senin (15/9/2014).

Pihaknya juga mengimbau masyarakat Babel dan sekitarnya untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dengan kondisi cuaca sekarang ini.

"Kami mengimbau masyarakat selalu waspada dan siaga dengan potensi datangnya angin kencang ini karena sewaktu-waktu bisa berubah sebagai dampak dari perubahan cuaca," ujarnya.

Ia mengatakan kecepatan angin di daratan meningkat dibanding beberapa hari sebelumnya dengan kecepatan yang hanya mencapai 28 kilometer per jam. Menurut dia, kecepatan angin di daratan juga berdampak pada naiknya gelombang laut di sejumlah perairan di Babel.

"Gelombang laut di perairan Babel saat ini mencapai ketinggian maksimum 3,5 meter di Selat Karimata bagian utara dengan kecepatan angin mencapai 42 kilometer per jam," ujarnya.

Ia mengatakan kondisi gelombang laut di perairan Babel lainnya, yakni Selat Gelasa dan Utara Bangka mencapai ketinggian tiga meter dengan kecepatan angin hingga 38 kilometer per jam.

"Sedangkan, untuk Selat Bangka dan Selatan Bangka ketinggian gelombang laut diprakirakan akan mencapai 2,5 meter disertai angin dengan kecepatan 10 hingga 35 kilometer per jam," katanya.

Ia juga mengimbau kepada nelayan tradisional untuk sementara waktu tidak melaut mengingat kondisi gelombang sekarang ini tidak bersahabat.

"Kita harapkan nelayan tradisional untuk sementara waktu tidak melaut sampai kondisi gelombang laut diperairan ini kembali normal," katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: