Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BMKG: Musim Kemarau di Indonesia Masih Normal

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan musim kemarau yang saat ini melanda di sejumlah provinsi di Indonesia terlihat masih bersifat normal dan bukan keadaan yang luar biasa.

"Ini kemarau masih normal dan masih diselingi dengan adanya curah hujan walau sedikit," Kata Kepala Bidang Informasi Iklim Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Evi Lutfiati di Jakarta, Senin (15/9/2014).

Ia mengatakan musim kemarau yang terjadi di sejumlah daerah masih bisa dikatakan normal karena hanya berlangsung empat hingga enam bulan dan tidak berlangsung lama. Bukan itu saja, dalam perjalanan musim kemarau kadang-kadang masih terjadi hujan sehingga kekeringan pun tidak parah karena masyarakat bisa mendapatkan air.

"Kemarau bisa dikatakan tidak normal apabila jangka waktunya di atas tujuh bulan dan tidak diselingi dengan curah hujan sehingga kekeringan pun terjadi" tuturnya.

Untuk sejumlah daerah di Indonesia yang mengalami musim kemarau di antaranya Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Bali, sebagian Jawa Tengah, dan Aceh.

Sementara itu, saat ditanya apakah kemarau yang terjadi merupakan dampak dari fenomena alam El Nino dia mengatakan hal ini bukan dampak El Nino karena hingga saat ini fenomena tersebut belum ada di Indonesia.

"Tidak ada El Nino dan musim kemarau ini akan berakhir. Diperkirakan pada awal Okteber dan November sudah mulai turun hujan di beberapa wilayah yang mengalami kekeringan akibat kemarau," tuturnya. (Ant)

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: