Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jokowi: 34 Kementerian, 18 Profesional dan 16 Profesional Partai

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Presiden terpilih Joko Widodo akhirnya mengumumkan postur kabinetnya mendatang. Bertempat di rumah transisi, Jokowi yang didampingi Wakil Presiden terpilih Jusuf Kalla dan tim transisi mengatakan jumlah kementerian mendatang akan tetap berjumlah 34 kementerian.

"Untuk pemerintahan yang bekerja dan pemerintahan yang hadir di tengah-tengah rakyat dan juga sebuah pemerintahan terkonsolidasi sudah kita putuskan jumlah kementeriannya ada 34. 34 kementerian ini nanti akan diduduki oleh 18 profesional dan 16 profesional partai," kata Jokowi di rumah transisi, Jakarta, Senin (15/9/2014). 

Jokowi mengatakan putusan untuk mempertahankan 34 kementerian didasari keinginan untuk membangun sebuah kabinet yang kuat dan siap untuk langsung bekerja di dalam melaksanakan program-program yang sudah tertuang di dalam visi dan misi Jokowi-JK.

"Jumlah 34 kementerian untuk memastikan pemerintahan berjalan dengan efektif sesuai dengan sistem presidensial yang kita anut. Bahwa presiden sebagai single chief executive dan dibantu oleh menteri-menteri," tambah Jokowi.

Sementara untuk jumlah menteri koordinator (menko), mantan Wali Kota Solo itu menegaskan tetap berjumlah tiga menko.

"Menko ada tiga," tegasnya.

Untuk posisi wakil menteri, di beberapa kementerian sudah dipastikan akan dihapuskan. Namun, hanya satu saja yang dipertahankan, yakni di Kementerian Luar Negeri.

"Wamen sementara itu penilaian kita yang mungkin diperlukan adalah di Kemenlu," lanjutnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: