Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Politikus PDI-P: Kabinet Jokowi Tidak akan Sama dengan Kabinet SBY

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Pasangan Jokowi dan Jusuf Kalla telah memutuskan struktur kabinet untuk pemerintahan 2014-2019. Pasangan itu mempertahankan struktur kabinet yang berjumlah 34 kementerian. Keputusan untuk mempertahankan 34 kementerian ini dipandang tidak jauh berbeda dan bahkan sama dengan Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II di bawah pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Menanggapi pandangan itu, politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Budiman Sudjatmiko membantah sekaligus menegaskan kabinet Jokowi tidak sama dengan kabinet SBY. Menurut Budiman, meskipun dari sisi jumlah tetap 34 kementerian, namun akan ada perbedaan dari fungsi-fungsi 34 kementerian tersebut.

"Bukan mengurangi (kementerian), tetapi mengubah atau merevisi fungsinya," kata Budiman saat ditemui dalam seminar LIPI dan Kuliah Umum Presiden Terpilih di Gedung LIPI, Jakarta, Selasa (16/9/2014).

Budiman memberikan contohnya di mana ke depan adanya Kementerian Agraria yang akan mengurusi persoalan agraria yang selama ini terjadi di Indonesia.

"Kalau hanya diserahkan kepada Badan Pertanahan Nasional (BPN) maka hanya menjangkau tanah-tanah yang berkaitan dengan Kementerian Kehutanan. Tetapi, dengan Kementerian Agraria maka seluruh permasalahan agraria akan ada satu kebijakan pertanahan yang tunggal," urainya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: