Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Semen Indonesia Bangun Pabrik Pengolahan Sampah Senilai Rp 13,5 Miliar

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) melalui Semen Gresik Foundation (SGF) bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Gresik mendirikan pabrik pengolahan sampah berkapasitas produksi 240 ton per hari di Desa Ngipik, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik.

Direktur Utama Semen Indonesia Dwi Soetjipto mengatakan pembangunan pabrik pengolahan sampah ini menelan biaya sebesar Rp 13,5 miliar. Pembangunan dimulai bulan September 2014 dan diperkirakan dapat beroperasi komersial pada bulan Januari 2015.

"Pada tahap awal akan menggunakan sampah yang ada di TPA Kab Gresik. Ke depan tidak menutup kemungkinan akan memanfaatkan sampah dari Tuban maupun Lamongan," kata Dwi dalam siaran persnya yang diterima di Jakarta, Selasa (16/9/2014).

Dwi melanjutkan sampah di kota yang terus bertambah tiap hari menjadi masalah besar di beberapa daerah, termasuk Kabupaten Gresik, karena lahan yang dipakai untuk menampung sampah sangat terbatas.

"Terbatasnya lahan pembuangan sampah ini yang memberikan dorongan kami untuk memanfaatkan sampah yang semula tidak bernilai jual menjadi energi alternatif di industri semen", terang Dwi.

Selama ini tempat pembuangan akhir (TPA) yang digunakan untuk pembuangan sampah di Kabupaten Gresik sebesar enam hektar are (ha) dengan deposit sampah sebesar 210 ribu ton, sedangkan penambahan sampah per hari mencapai 220 ton.

"Ada beberapa keuntungan yang diperoleh dengan pengolahan sampah ini di antaranya adalah mengurangi kebutuhan luasan lahan untuk TPA sampah kota sebesar 2,2 ha/tahun, mengurangi bahan-bahan pencemar tanah dari sampah ke lingkungan, dan pembukaan lapangan pekerjaan baru karena pabrik ini akan beroperasi selama 24 jam," tambahnya.

Dwi menuturkan pembangunan pabrik tersebut dibangun dengan menggunakan tenaga ahli Rancang Bangun Perseroan. Tenaga ahli tersebut akan membantu dalam proses engineering dan pembangunan fisik pabrik sampah.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: